Comscore Tracker

Penasaran, Miliarder Jepang ini Mau Main Pokemon Go di Luar Angkasa

Apakah benar ada Deoxys di luar sana?

Jakarta, IDN Times - Yusaku Maezawa (46), seorang miliarder Jepang dan pengusaha besar ritel mode, tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) untuk tinggal di luar angkasa selama 12 hari sejak hari Rabu (8/12). 

Maezawa adalah turis luar angkasa pertama yang melakukan perjalanan ke ISS bersama badan antariksa Rusia Roscosmos setelah Guy Laliberte dari Kanada, salah satu pendiri Cirque du Soleil, pada 2009.

1. Dari posisinya di ISS, para astronot disuguhi pemandangan unik planet bumi yang gak akan pernah dilihat oleh kebanyakan orang

ISS mengorbit planet bumi pada ketinggian sekitar 400 km, yang berarti stasiun luar angkasa tersebut akan melakukan sekitar 16 kali perjalanan mengelilingi bumi setiap hari.

Sekarang, Maezawa, seorang miliarder Jepang yang saat ini telah berada di ISS, membagikan video timelapse bumi yang menakjubkan dari stasiun luar angkasa. Maezawa post video di Twitter, menggambarkan pemandangan itu sebagai hal yang 'menakjubkan.'

Meski video Maezawa hanya berdurasi 24 detik, namun sangat mampu menunjukkan penampakan stasiun luar angkasa menyelesaikan seluruh orbit di sekitar planet bumi. Terlihat di awal video ada matahari terbit, sebelum bumi dengan cepat berputar di bawah, sementara panel surya ISS berputar dan menyesuaikan posisinya di garis depan.

Video berakhir dengan matahari terbenam yang indah, menandai orbit penuh planet bumi.

Baca Juga: Bak Pokemon di Dunia Nyata, Berikut 7 Fakta Blue Glaucus

2. Sejak tiba di ISS pada 8 Desember, Maezawa terus memberi update kepada 10,8 juta pengikut Twitternya tentang misinya

https://www.youtube.com/embed/HpTTNbC2q9s

Melansir The New York Times, Maezawa, pendiri Zozo Inc., sebuah ritel mode online Jepang, diluncurkan ke luar angkasa dari Baikonur, Kazakhstan pada pukul 10:38 waktu setempat dengan roket Soyuz Rusia bersama Yozo Hirano, asisten produksi yang akan mendokumentasikan perjalanannya. Alexander Misurkin, seorang astronot Rusia, juga ada di dalamnya. Tiga orang awak merapat ke stasiun luar angkasa enam jam kemudian pada pukul 8:40 pagi dan naik ke pos terdepan sekitar pukul 11:12 pagi.

Setelah naik, kru stasiun luar angkasa berkumpul di segmen Rusia untuk upacara penyambutan singkat, di mana Maezawa dan pengunjung lainnya berbicara melalui sambungan video langsung dengan keluarga dan teman, yang telah menunggu di Baikonur untuk menonton dan mengikuti perjalanan mereka mencapai stasiun luar angkasa.

Sejauh ini, miliarder tersebut telah post video yang menjelaskan bagaimana dia menggunakan toilet di ISS, serta berbagai foto dari stasiun, termasuk salah satunya menampilkan ia sedang bermeditasi dalam gravitasi nol.

Selama menghabiskan 12 hari di ISS, mereka akan berencana untuk menjawab berbagai pertanyaan unik seperti 'Apakah kita terdorong maju ketika kentut di luar angkasa?' dan 'Apa yang terjadi saat kita memainkan Pokemon GO di luar angkasa?'

Maezawa dan Hirano menghabiskan beberapa bulan terakhir pelatihan di Star City, di mana mereka belajar bagaimana beradaptasi dalam gravitasi nol dan protokol khusus jika terjadi keadaan darurat.

3. Siapa itu Yusaku Maezawa?

https://www.youtube.com/embed/u760COjABSA

Yusaku Maezawa adalah anggota band rock indie yang memutuskan untuk bolos kuliah setelah melihat semua 'wajah lelah' di perjalanan paginya di Jepang. Lahir pada tahun 1975 di prefektur Chiba di Jepang, Maezawa lulus dari Sekolah Menengah Waseda Jitugyo yang bergengsi pada tahun 1991.

Pada tahun 2004, perusahaan yang ia rintis, Start Today Inc., memulai Zozotown, situs yang menjual pakaian dari toko-toko seperti butik Jepang United Arrows dan label Prancis A.P.C.

Keberhasilan Zozotown mengubah pendirinya, Maezawa, menjadi salah satu pengusaha terkaya di Jepang, dan menjadi salah satu orang terkaya di Jepang. Tak hanya itu, Maezawa juga memiliki ambisi untuk melakukan perjalanan ke Bulan pada tahun 2023 dalam kemitraannya dengan SpaceX. Pada tahun 2018, Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaannya SpaceX akan mengirimnya ke Bulan sebagai pelanggan pribadi pertamanya.

Biaya perjalanan ke ISS ini sendiri tidak terlalu jelas, karena label harganya dirahasiakan, meskipun pelanggan sebelumnya dilaporkan membayar 20 juta hingga 40 juta dolar AS atau sekitar Rp580 miliar untuk penerbangan ke ISS.

Kalau kamu punya uang melimpah, apa mau menghabiskannya untuk pergi ke luar angkasa?

Baca Juga: Jelajahi Dunia Zaman Dulu, di Pokemon Legends: Arceus

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya