Buntut Video Penistaan Nabi Muhammad, Mesir Blokir YouTube Selama Sebulan

Putusan pengadilan atas pemblokiran YouTube melalui proses bertahun-tahun

Kairo, IDN Times - Sabtu (26/5/2018), pengadilan tinggi Mesir memerintahkan pemblokiran situs berbagi video YouTube.  Pemblokiran ini adalah buntut dari sebuah trailer film di YouTube yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW. Proses peradilan kasus ini tergolong panjang. Gugatan telah dilayangkan sejak 2013 yang lalu, namun keputusan pengadilan baru keluar tahun ini.

1. Pengunggah video dihukum satu tahun penjara

Buntut Video Penistaan Nabi Muhammad, Mesir Blokir YouTube Selama Sebulanpatch.com

Trailer film "Innocent of Muslims" diunggah pada Juli 2012. Dalam trailer berdurasi 13 menit ini, dikisahkan kehidupan Nabi Muhammad SAW dari sudut pandang negatif. Bahkah, ada beberapa adegan yang dinilai menghina dan merendahkan nabi junjungan umat Islam tersebut.

Dikutip dari Al Arabiya, video pendek yang membuat marah umat Islam itu diunggah oleh akun Sam Bacile. Namun, belakangan diketahui bahwa nama asli dari pengunggah itu adalah Mark Basseley Youssef alias Nakoula Basseley Nakoula.

Film "Innocent of Muslims" dibuat di California, Amerika Serikat oleh pria 56 tahun asal Mesir itu pada 2012 yang lalu. Pasca dilaporkan atas tuntutan penghinaan, Ia dijatuhi hukuman satu tahun penjara oleh pengadilan federal Amerika pada November 2012.

2. Proses peradilan memakan waktu lima tahun

Buntut Video Penistaan Nabi Muhammad, Mesir Blokir YouTube Selama Sebulanpropertyguru.com

Berbeda dengan Nakoula yang kini sudah bebas. YouTube sebagai pihak penyedia layanan berbagi video, masih merasakan imbas dari kasus trailer itu. YouTube telah berurusan dengan pengadilan Mesir sejak tahun 2013, saat seorang pengacara bernama Mohamed Hamid Salem pertama kali mengajukan gugatan atas kasus ini.

Di tahun yang sama, pengadilan tingkat rendah Mesir sempat memerintahkan pemblokiran situs tersebut. Namun, YouTube mengajukan banding atas putusan itu. Lima tahun berselang, akhirnya pengadilan tinggi memerintahkan Otoritas Telekomunikasi Nasional Mesir untuk memblokir situs itu selama satu bulan.

3. Kemenkominfo Mesir menentang pemblokiran YouTube

Buntut Video Penistaan Nabi Muhammad, Mesir Blokir YouTube Selama Sebulanen.wikipedia.org

Meski masa aksesnya hanya ditutup selama satu bulan, tetapi putusan tersebut dinilai cukup berat bagi YouTube. Jumlah penikmat YouTube di Mesir sangat besar, akibat dari putusan ini diperkirakan YouTube akan mengalami kerugian yang cukup tinggi.

Tetapi, melansir Egypt Today, Kementerian Komunikasi, Teknologi dan Informasi Mesir tidak menyambut baik putusan final pengadilan ini. Kemenkominfo Mesir justru merasa keberatan atas putusan tersebut. Pihaknya menilai, pemblokiran situs milik Google itu akan berpengaruh pada operasional mesin pencari Google, yang nantinya akan berdampak besar bagi rakyat Mesir, seperti hilangnya pekerjaan yang selama ini bersandar pada mesin pencarian terbesar itu.

Andes Septa Photo Verified Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya