Comscore Tracker

Dihasut Tiongkok, Dua Negara Putuskan Hubungan dengan Taiwan

Taiwan kehilangan dua sahabatnya sekaligus dalam kurun waktu kurang dari satu bulan

Taipei, IDN Times - Rasa jengkel Tiongkok terhadap Taiwan tampaknya belum juga reda. Dalam kurun waktu sebulan terakhir saja, serangan bertubi-tubi dilayangkan Tiongkok. Caranya, menghasut negara-negara Afrika untuk mengakhiri hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Terakhir, Burkina Faso memutuskan persahabatan dengan Taiwan karena adanya tekanan kuat dari Tiongkok, melansir Reuters.

1. Tiongkok terus mengganggu roda pemerintahan Taiwan

Dihasut Tiongkok, Dua Negara Putuskan Hubungan dengan Taiwancommons.wikimedia.org

Kabar tentang Taiwan adalah isu yang sensitif di Tiongkok. Dahulu, Taiwan sempat menjadi bagian dari Tiongkok, sebelum akhirnya Taiwan memproklamirkan diri sebagai negara merdeka. Kesal dengan keputusan sepihak tersebut, hingga sekarang, Tiongkok kerap kali berusaha mengganggu jalannya roda pemerintahan Taiwan.

Negara pimpinan Xi Jinping ini tidak pernah mengakui kemerdekaan Taiwan dan masih menganggap Taiwan sebagai "provinsi yang tidak patuh".

Upaya Tiongkok adalah menjauhkan Taiwan dari negara-negara yang sudah puluhan tahun bersahabat dengan Taiwan. Pada awal Mei lalu, Republik Dominika telah mengumumkan pemutusan hubungan dengan Taiwan.

Kemudian, disusul Burkina Faso yang juga menarik diplomatnya dari Taiwan pada Kamis (24/5/2018).

Ini adalah kedua kalinya Burkina Faso memutuskan hubungan dengan Taiwan. Pada 1973 mereka sempat bercerai, kemudian rujuk kembali pada 1994. Taiwan kehilangan dua sahabatnya sekaligus dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Kini, Taiwan hanya memiliki satu sekutu di Afrika, yaitu negara kecil, Swaziland. Hanya tersisa 18 negara yang masih mempunyai hubungan formal dengan Taiwan, dan kebanyakan dari mereka adalah negara-negara miskin di Amerika Tengah dan Pasifik, seperti Nauru dan Belize.

2. Taiwan dan Tiongkok saling tuding

Dihasut Tiongkok, Dua Negara Putuskan Hubungan dengan TaiwanCatherine Saez Via ip-watch.org

Kementerian Luar Negeri, Burkina Faso, tidak secara gamblang menyebut Tiongkok yang melatarbelakangi keputusan itu. Kemenlu Burkina Faso hanya menyatakan bahwa "Kami perlu mempertimbangkan kembali posisi kami di tengah evolusi dunia dan tantangan sosio-ekonomi saat ini".

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar negara-negara Afrika, dengan investasi besar-besaran di sektor pertambangan, konstruksi dan perbankan. Taiwan menuding Tiongkok sengaja menghasut sekutu-sekutunya, dengan mengiming-imingi berbagai paket bantuan kepada mereka.

Namun, Tiongkok menyangkal tudingan tersebut dan justru menyebut Taiwan adalah bagian dari Tiongkok tanpa hak untuk menjalin hubungan diplomatik resmi dengan negara lain, serta tetap menginginkan Taiwan berada di bawah satu pemerintahan seperti dulu.

3. Lima negara telah putus hubungan dengan Taiwan di era Presiden Tsai

Dihasut Tiongkok, Dua Negara Putuskan Hubungan dengan Taiwantaiwantoday.tw

Mengutip Nikkei Asian Review, Taiwan telah menjalankan pemerintahan yang independen sejak berakhirnya perang sipil Tiongkok pada 1949. Selama ini, meski tetap tidak bersahabat, hubungan Tiongkok dan Taiwan sempat akur.

Namun, keduanya kembali bersitegang sejak Taiwan dipimpin oleh Presiden Tsai. Sejak saat itu pula, total ada lima negara yang mengakhiri hubungan persahabatan dengan Taiwan demi menjalin pendekatan bersama Tiongkok.

Andes Septa Photo Verified Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya