Comscore Tracker

Korea Selatan Hadiahi Jeruk ke Korea Utara Sebagai Tanda Persahabatan

200 ton jeruk dikirim menggunakan empat pesawat kargo

Seoul, IDN Times – Bagaikan pasangan yang baru rujuk, Korea Selatan dan Korea Utara semakin hari kian mesra. Kedua negara terus menunjukkan keseriusannya dalam menegakkan perdamaian dan persaudaraan. Sejauh ini, sudah banyak perjanjian strategis yang disepakati, ke depan, kedua negara berharap agar hubungan baik itu tetap terjaga.

1. Presiden Moon kirim hadiah balasan sebanyak 200 ton jeruk

https://www.youtube.com/embed/ATw3ZC1V0-8

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mengirim 200 ton jeruk sebagai hadiah balasan bagi Korea Utara. Sebelumnya, Korea Utara memberikan hadiah jamur kepada Korea Selatan pada September lalu.

Juru bicara kepresidenan, Kim Eui-kyeom mengatakan, pada Minggu pagi, pesawat kargo mengangkut jeruk dari Pulau Jeju ke Pyongyang. Wakil Menteri Unifikasi Chun Hae-sung dan sekretaris presiden untuk kebijakan unifikasi, Suh Ho ikut serta dalam proses pengiriman tersebut.

2. Sebanyak 20 ribu box jeruk dikirim hingga Senin

Korea Selatan Hadiahi Jeruk ke Korea Utara Sebagai Tanda Persahabatanjudyjeju.com

Kim mengatakan, jeruk sengaja dipilih lantaran buah ini termasuk barang yang langka di Korea Utara dan saat ini memang sedang musim jeruk. Kim berharap agar sebanyak mungkin orang Korea Utara merasakan jeruk khas Korea Selatan itu. Media lokal KBS World menyebut, total empat pesawat kargo disiapkan untuk mengangkut 20 ribu box jeruk yang akan dikirim hingga Senin.

Baca Juga: 9 Peraturan di Korea Utara yang Bikin Geleng-geleng Kepala

3. Banyak perjanjian telah disepakati oleh kedua negara demi persaudaraan

Korea Selatan Hadiahi Jeruk ke Korea Utara Sebagai Tanda PersahabatanMerve Şebnem Oruç/dailysabah.com

Upaya merajut kembali persaudaraan di antara dua negara ini memang sedang digencarkan. Salah satunya dibuktikan dengan kesepakatan penarikan militer di perbatasan masing-masing negara.

Sabtu lalu, Korea Selatan melakukan penarikan pasukan dari 22 pos penjagaan di perbatasan. Berdasarkan perjanjian militer yang ditandatangani pada September lalu, kedua negara sepakat untuk mengosongkan pos-pos penjagaan secara bertahap demi menstabilkan langkah perdamaian, seperti dikutip LATimes.

Baca Juga: Gak Cuma Korea Utara, 6 Negara Ini Juga Terkenal Sulit Dikunjungi Lho!

Andes Septa Photo Community Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You