Listrik Padam, Bank Nasional Australia Beri Ganti Rugi ke Pelanggan

Listrik padam di seluruh Australia selama lima jam

Sidney, IDN Times – Sabtu (26/5/2018) pagi, terjadi pemadaman nasional di Australia. Selama sekitar lima jam, layanan mobile banking di Australia terputus dan mengakibatkan semua aktivitas perbankan lumpuh total di hari itu. Dampak besar dirasakan oleh para pelanggan Nasional Australia Bank (NAB) yang mengalami banyak kerugian atas peristiwa tersebut.

1. Seluruh transaksi keuangan pelanggan gagal

Listrik Padam, Bank Nasional Australia Beri Ganti Rugi ke PelangganArthur Derian /Twitter

Merespon hal ini, The Sidney Morning Herald melaporkan, pihak bank berjanji akan memberikan ganti rugi kepada para pelanggan yang seluruh transaksi keuangannya tersendat akibat pemadaman tersebut. Meski semua layanan sudah kembali pulih pada jam 12.30, waktu setempat, tetapi pemadaman selama lima jam itu menyebabkan kerugian besar bagi para pelanggan bank.

Sejak jam 7.30 pagi, seluruh transaksi keuangan gagal dilakukan. Dampaknya, semua aktivitas jual-beli yang menggunakan layanan NAB tertunda, termasuk ATM dan beberapa layanan lainnya. Bahkan, pelanggan tidak dapat menarik uang tunai dari ATM di jam tersebut.

2. NAB menyatakan penyesalan atas kegagalan sistem ini

Listrik Padam, Bank Nasional Australia Beri Ganti Rugi ke PelangganFool.com

NAB mengaku terus memantau peristiwa ini dan mendapati banyak pelanggan yang meluapkan kekesalan mereka di media sosial. Andy Dang mengatakan dalam cuitannya di Twitter “Ini Sabtu pagi yang sibuk dan penjualanku menurun. Transaksi harus ditunda 1,5 jam, membuat para pelanggan pergi. Bisakah seseorang menghubungiku dan menyelesaikan masalah ini?”

Manajer Eksekutif NAB, Cindy Batchelor menyatakan bahwa ini merupakan peristiwa yang sangat langka dan berdampak luar biasa bagi pelanggan kami. Kami merasa telah gagal memberikan layanan yang kami cita-citakan. Mengutip media setempat News.com, Batchelor memastikan bahwa data pribadi para pelanggan tetap aman selama kegagalan sistem terjadi.

3. NAB pastikan akan beri ganti rugi

Listrik Padam, Bank Nasional Australia Beri Ganti Rugi ke PelangganQz.com

Pihak bank mengklaim, masalah ini dipicu oleh kegagalan daya pada mainframe bank di Melbourne. Pimpinan NAB menyatakan pemintaan maaf atas peristiwa ini. Melalui media sosialnya, Anthony Healy menulis “Kami meminta maaf atas kejadian ini, kami yakinkan bahwa kami memiliki tim terbaik dan paling berpengalaman. Mereka bekerja sepanjang waktu untuk memulihkan layanan seperti semula sesegera mungkin”

Pihak NAB juga memastikan, jika ada kerugian yang disebabkan oleh pemadaman ini maka NAB akan memberikan ganti rugi. Tetapi, belum jelas bagaimana mekanismenya dan berapa jumlah uang yang akan diberikan sebagai ganti rugi.

Andes Septa Photo Verified Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya