Comscore Tracker

Minum Miras, Pilot Japan Airlines Diamankan Polisi London

Malam sebelum terbang, pilot diketahui minum anggur dan bir

Tokyo, IDN Times - Katsutoshi Jitsukawa, 42, pilot maskapai Japan Airlines (JAL) ditangkap polisi London di Bandara Heathrow. Ia terbukti mengonsumsi minuman beralkohol beberapa jam sebelum jadwal pemberangkatan pesawat rute London-Tokyo. Dalam penerbangan itu, semestinya, Katsutoshi bertindak sebagai co-pilot pesawat JAL Flight 44.

1. Katsutoshi tertangkap berkat laporan sopir bus bandara

Minum Miras, Pilot Japan Airlines Diamankan Polisi Londonmermaidairtaxi.wordpress.com

Sebelum dinyatakan layak terbang, seluruh kru pesawat termasuk pilot harus melalui serangkaian tes sederhana, di antaranya uji napas. Namun, saat itu, alat uji napas di Bandara Heathrow tidak mendeteksi adanya masalah pada Katsutoshi.

Begitu juga dengan perilakunya, dua pilot lain yang bersama-sama menjalani tes dengan Katsutoshi tidak menemukan adanya kejanggalan pada fisik co-pilot tersebut.

Kecurigaan baru muncul setelah seorang sopir bus bandara Heathrow yang sedang membawa co-pilot itu mencium bau alkohol dari napasnya. Ia pun bergegas melaporkan hal ini ke polisi yang sedang bertugas di sekitar bandara.

2. Kandungan alkohol dalam darah Katsutoshi sepuluh kali ambang batas

Minum Miras, Pilot Japan Airlines Diamankan Polisi Londonjoe.ie

Menanggapi laporan tersebut, polisi London bergegas membawa Katsutoshi untuk menjalani tes lanjutan, tepat 50 menit sebelum penerbangan. Hasil tes menyatakan bahwa terdapat kandungan 189 miligram alkohol per 100 milimeter darah co-pilot tersebut. Mengetahui hal itu, polisi langsung melakukan penahanan terhadap Katsutoshi.

Berdasarkan regulasi penerbangan Inggris, ambang batas alkohol yang diperbolehkan bagi pilot hanya 20 miligram, sedangkan kandungan alkohol dalam darah Katsutoshi melebihi hampir sepuluh kali ambang batas tersebut. 

Kabar terakhir mengatakan bahwa polisi London tetap akan melakukan penahanan terhadap Katsustoshi hingga ada putusan resmi dari pengadilan. Rencananya, kasus Katsutoshi akan masuk ke persidangan pada 29 November nanti.

3. Japan Airlines minta maaf dan perbaiki aturan penerbangan

Minum Miras, Pilot Japan Airlines Diamankan Polisi Londonjapantimes.co.jp

Pihak Japan Airlines mengatakan bahwa saat itu, Katsutoshi tidak dalam kondisi prima setelah mengonsumsi dua botol anggur dan lima kaleng bir, pada malam hari sebelum jadwal penerbangan. Pihak maskapai juga mengungkapkan penyesalan mendalam atas insiden tersebut.

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada para penumpang dan semua pihak yang terkena dampak dari tindakan pilot kami,” ungkap otoritas Japan Airlines dalam siaran pers, mengutip Channel News Asia.

Menyusul insiden ini, Kementerian Transportasi Jepang memerintahkan kepada semua maskapai penerbangan untuk melaporkan secara bulanan langkah-langkah yang telah dilakukan perusahaan dalam mengendalikan konsumsi alkohol staf mereka.

Sementara itu, Japan Airlines akan menggunakan peralatan uji napas baru yang lebih canggih untuk mendeteksi bau napas pilot-pilot mereka. Japan Airlines juga akan menetapkan aturan baru yang melarang pilot mengonsumsi minuman beralkohol 24 jam sebelum penerbangan, dari sebelumnya yang hanya 12 jam.

Baca Juga: KNKT Akan Terbitkan Laporan Awal Jatuhnya Lion Air Pada Akhir November

Andes Septa Photo Community Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You