Dalai Lama Minta Maaf Usai Cium Bibir Bocah dan Sedot Lidahnya

Kantor Dalai Lama berdalih dia sedang menggoda si bocah

Jakarta, IDN Times - Dalai Lama telah meminta maaf setelah muncul video yang memperlihatkan pemimpin spiritual itu mencium seorang anak di bagian bibir. Yang membuatnya jadi sorotan adalah dia meminta anak itu untuk menyedot lidahnya.

Melalui pernyataan Senin (10/4/2023), kantor Dalai Lama mengatakan dia ingin meminta maaf kepada bocah itu dan keluarganya.

“Serta banyak temannya di seluruh dunia, atas luka yang mungkin ditimbulkan oleh kata-katanya," demikian keterangan kantor Dalai Lama.

"Yang Mulia sering menggoda orang yang dia temui dengan cara yang polos dan lucu, bahkan di depan umum dan di depan kamera," kata pernyataan itu, dilansir CNN.

1. Dalai Lama minta lidahya disedot oleh sang anak

Dalai Lama Minta Maaf Usai Cium Bibir Bocah dan Sedot Lidahnyainstagram.com/dalailama

Permintaan maafnya muncul setelah video pertukaran, yang berlangsung selama acara di kota perbukitan Dharamshala pada Februari, menjadi viral di media sosial dengan banyak pengguna mengkritik tindakan Dalai Lama.

Dalam video tersebut, bocah lelaki itu terlihat mendekati pemenang Hadiah Nobel Perdamaian sebelum bertanya, "Bolehkah aku memelukmu?"

Pemimpin spiritual berusia 87 tahun itu kemudian mengundang anak laki-laki itu ke atas panggung dan menunjuk ke pipinya dan berkata, “pertama di sini,” mendorong anak laki-laki itu untuk memeluk dan menciumnya.

Dalai Lama kemudian menunjuk ke bibirnya

“Maka saya pikir akhirnya di sini juga,” kata Dalai Lama, yang kemudian menarik dagu anak itu dan mencium mulutnya.

"Dan sedot lidahku," katanya setelah beberapa detik, menjulurkan lidahnya.

Baca Juga: Pimpinan Tibet Tegur China: Jangan Intervensi Pemilihan Dalai Lama

2. Bukan budaya Tibet

Dalai Lama Minta Maaf Usai Cium Bibir Bocah dan Sedot LidahnyaSuasana di sekitar wilayah Tibet. (Pixabay.com/hbieser)

Identitas bocah itu tidak diketahui. Dia menghadiri sebuah acara dengan M3M Foundation, cabang filantropi dari perusahaan real estate India M3M Group, yang berbasis di Dharamshala, tempat Dalai Lama tinggal di pengasingan permanen.

Menanggapi insiden tersebut, kelompok hak anak terkemuka yang berbasis di Delhi, Haq: Pusat Hak Anak, mengatakan bahwa pihaknya mengutuk segala bentuk pelecehan anak.

"Beberapa berita mengacu pada budaya Tibet tentang menunjukkan lidah, tetapi video ini jelas bukan tentang ekspresi budaya apa pun dan bahkan jika demikian, ekspresi budaya semacam itu tidak dapat diterima,” kata lembaga itu.

3. Bukan kontroversi pertamanya

Dalai Lama Minta Maaf Usai Cium Bibir Bocah dan Sedot Lidahnyainstagram.com/dalailama

Dalai Lama saat ini, Tenzin Gyatso, adalah tokoh Buddha hidup paling terkenal di dunia.

Pemimpin spiritual utama dari aliran "Topi Kuning" Buddhisme Tibet, Dalai Lama dihormati oleh jutaan orang sebagai reinkarnasi dari 13 pendahulunya.

Pemimpin spiritual itu telah berbasis di India sejak 1959, menyusul pemberontakan Tibet yang gagal melawan pasukan pendudukan China. Dia kemudian mendirikan pemerintahan dalam pengasingan di kota Dharamshala di India utara, memimpin ribuan orang Tibet yang mengikutinya ke sana.

Ini bukan kontroversi pertama Dalai Lama. Pada 2019, dia pernah mengatakan jika Dalai Lama penerusnya adalah perempuan, maka penampilannya harus menarik.

Tahun sebelumnya, dia menyarankan Eropa harus disimpan untuk orang Eropa, ketika berbicara tentang meningkatnya jumlah pengungsi Afrika yang memasuki benua itu.

“Seluruh Eropa (akan) akhirnya menjadi negara Muslim? Mustahil. Atau negara Afrika? Juga tidak mungkin,” katanya, seraya menambahkan bahwa lebih baik mempertahankan Eropa untuk orang Eropa.

Baca Juga: 12 Peristiwa Kelam yang Mewarnai Sejarah Tibet

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya