Comscore Tracker

Intip Kekayaan Hwang Dong Hyuk, Sutradara Serial Netflix Squid Game

Squid Game ditolak di berbagai studio produksi sejak 2009

Jakarta, IDN Times – Salah satu serial Netflix yang mencuri perhatian banyak orang adalah Squid Game. Sosok di balik kesuksesan drama tersebut adalah Hwang Dong Hyuk, sutradara asal Korea Selatan berusia 50 tahun. 

Serial yang dirilis pada 17 September 2021 itu menceritakan kehidupan sekelompok warga Korea Selatan yang berusaha melunasi utang, dengan cara memenangkan serangkaian permainan anak-anak. Hanya saja, jika mereka kalah dalam permainan tersebut, maka mereka akan kehilangan nyawa juga. 

Lantas, berapa keuntungan yang diraup Hwang Dong Hyuk setelah serial garapannya sukses di jagat perfilman? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari Exact Net Worth

1. Profil singkat Hwang Dong Hyuk

Intip Kekayaan Hwang Dong Hyuk, Sutradara Serial Netflix Squid GameSutradara Squid Game Hwang Dong Hyuk (Instagram/hoooooyeony)

Hwang Dong-Hyuk lahir di Seoul, Korea Selatan pada 26 Mei 1971. Ia menuntaskan studi sarjananya di Universitas Nasional Seoul jurusan komunikasi. Kemudian, ia hijrah ke Los Angels, Amerika Serikat, dan berkuliah di University of Southern California untuk belajar produksi film. 

Untuk menyelesaikan studi master, Hwang menggarap film tesis berjudul ‘Miracle Mile’, film yang menceritakan tentang sopir pajak ilegal yang membantu perempuan muda Korea mencari kakaknya. Film ini diputar di lebih dari 40 festival internasional dan berhasil meraih penghargaan Student Emmy Award serta DGA Student Fil Award.

Film pertama dalam karir profesionalnya adalah ‘My Father’ yang dirilis pada 2007. Film itu diangkat dari kisah nyata anak angkat Aaron Bates, yang muncul di TV nasional untuk mencari orang tua kandungnya. 

Pada 2011, ia menyutradarai film keduanya berjudul ‘The Crucible (Silenced)’, film yang sukses menarik lebih dari 4,7 juta penonton di Negeri Ginseng. 

Dia mulai menggeluti drama pada 2013. Pada 2017, ia dipercaya untuk menyutradarai drama sejarah berjudul ‘The Fortress’ dan film perampokan berjudul ‘Collectors’ pada 2020. 

Baca Juga: 7 Game Roblox yang Paling Seru, Termasuk Squid Game!

2. Naskah Squid Game digarap sejak 2009

Intip Kekayaan Hwang Dong Hyuk, Sutradara Serial Netflix Squid GameSutradara Squid Game Hwang Dong Hyuk (Instagram/hwangdonghyukdirector)

Fakta menarik tentang Squid Game adalah ternyata dia menulis naskah film itu sejak 2009. Tetapi, tidak ada satu pun studio yang menerima naskahnya. Hingga akhirnya Netflix berminat pada naskahnya dan menjadi salah satu drama paling sukses dengan ulasan positif. 

Tidak diketahui dengan pasti bagaimana kehidupan pribadinya. Namun, Hwang diketahui berjuang melawan krisis keuangan selama 10 tahun, karena naskah Squid Game yang tidak laku di pasaran. 

Karena krisis keuangan, dia terpaksa harus menjual laptopnya seharga 675 dolar AS (sekitar Rp9,5 juta).

3. Kekayaan Hwang pada 2021

Intip Kekayaan Hwang Dong Hyuk, Sutradara Serial Netflix Squid GameSutradara Squid Game Hwang Dong Hyuk (Instagram/hwangdonghyukdirector)

Berkat kesuksesan Squid Game, kekayaan pribadi Hwang pada 2021 diperkirakan mencapai 5 juta dolar AS (sekitar Rp70 miliar). 

Namun, kekayaan bersihnya diprediksi jauh lebih besar karena usaha penyutradaraannya pada serial Squid Game sedang diakui di mana-mana, dan menjadi film Korea pertama yang mencapai posisi teratas di Netflix AS.

Baca Juga: [QUIZ] Tebak Nama Asli Pemeran Squid Game, Seberapa Jago Kamu?

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya