Kedubes Inggris Gelar Pesta Ulang Tahun Raja Charles III di Indonesia

Ini 4 tema dalam pesta ulang tahun raja

Jakarta, IDN Times – Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dan Misi Inggris untuk ASEAN akan menggelar perayaan Pesta Ulang Tahun Raja (King’s Birthday Party/KBP), yang merupakan hari ulang tahun Raja Charles III, pada Rabu (7/6/2023).

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins, dan Duta Besar Inggris untuk ASEAN, Sarah Tiffin, akan menjadi tuan rumah acara ini dan akan dihadiri oleh lebih dari 800 tamu termasuk menteri-menteri Indonesia, perwakilan senior ASEAN, pebisnis, politisi, pembuat kebijakan, akademisi, pimpinan media, pemimpin redaksi dan masih banyak lainnya.

Empat tema ulang tahun Raja Charles III tahun ini adalah keberlanjutan, komunitas, kaum muda, dan keberagaman. KBP merupakan rangkaian dari Penobatan Raja Charles III yang berlangsung pada 6 Mei 2023 dan disaksikan oleh masyarakat global.

Tahun ini Inggris dan Indonesia merayakan 74 tahun hubungan diplomatik.

1. Empat tema ulang tahun raja

Kedubes Inggris Gelar Pesta Ulang Tahun Raja Charles III di IndonesiaDubes Inggris Owen Jenkins mengunjungi Wallacea Week di Mall Nipah Makassar, Selasa (26/11/2019) - Humas British Council

Keberagaman, inklusivitas dan menciptakan keseimbangan gender yang positif adalah jantung dari pekerjaaan pembangunan dan diplomasi Inggris di Indonesia dan ASEAN.

KBP akan digunakan sebagai kesempatan untuk memperkuat komitmen Inggris untuk memperdalam kemitraan dengan Indonesia dan ASEAN di berbagai sektor mulai dari perubahan iklim, perdagangan dan investasi, keamanan dunia maya, akses digital, kesehatan, pendidikan hingga energi terbarukan dan transportasi hijau.

“Sepanjang kehidupannya di mata publik, Yang Mulia Raja Charles III secara terbuka  mendukung keberlanjutan, energi terbarukan dan keanekaragaman hayati,” kata Owen Jenkins, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

“Raja Charles menggunakan Penobatannya pada 6 Mei untuk mempromosikan tema-tema yang sangat dekat dihatinya seperti komunitas, keragaman, keberlanjutan dan peran kaum muda. Tema-tema itu berkaitan erat dengan apa yang kami lakukan di sini,” tambahnya.

Baca Juga: Silsilah Takhta Kerajaan Inggris, Raja Charles Jadi Pewaris Terlama

2. Hubungan Indonesia-Inggris berhasil torehkan catatan positif

Kedubes Inggris Gelar Pesta Ulang Tahun Raja Charles III di IndonesiaDubes Inggris untuk Indonesia da Timor Leste, Owen Jenkins berfoto bersama para pejabat Pemkot Semarang usai berkeliling ke Kota Lama. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kemudian, Owen juga yakin bahwa kemitraan Indonesia-Inggris dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang ambisius, termasuk untuk melindungi dan memulihkan hutan, lahan gambut serta keanekaragaman hayati yang luar biasa, sekaligus mengejar pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selain itu, bagi Owen, KBP 2023 akan menjadi sangat emosional karena tahun ini adalah masa tugas terakhirnya sebagai orang Inggris nomor satu di Indonesia dan Timor-Leste.

“Karena saya akan segera menyelesaikan masa jabatan saya,” ujarnya.

“Saya sangat bangga dengan semua yang telah kami capai bersama dengan mitra-mitra kami di Indonesia, melalui Kemitraan untuk Transisi Energi yang Adil (JETP), yang dipimpin oleh Indonesia untuk membantu Indonesia mengejar percepatan transisi energi yang adil, dan secara bertahap beralih dari bahan bakar fosil ke sumber-sumber energi terbarukan,” tambahnya.

Dia menyambung, “hingga MoU Kerja sama Investasi Inggris-Indonesia dimana kedua negara sepakat untuk meningkatkan investasi dua arah termasuk di sektor mineral, ilmu hayati dan transisi energi.”

3. Berharap hubungan Indonesia-Inggris bisa jauh lebih baik

Kedubes Inggris Gelar Pesta Ulang Tahun Raja Charles III di IndonesiaRaja Charles III (instagram.com/theroyalfamily)

Owen pun berharap, ke depannya hubungan Indonesia-Inggris bisa menjadi lebih baik lagi.

“Saya yakin bahwa persahabatan dan peta jalan Inggris-Indonesia menunjukkan betapa luas dan pentingnya hubungan kita, dan akan semakin kuat di bawah kepemimpinan duta besar yang baru serta kepemimpinan yang menginspirasi dari pihak Indonesia,” harapnya.

Sarah Tiffin kemudian menyoroti peran signifikan Indonesia di kawasan Asia Tenggara..

“Indonesia sebagai Ketua ASEAN memainkan peran penting dalam mendorong ambisi ASEAN sebagai kawasan ekonomi yang tumbuh dengan cepat, inklusif, dan berkelanjutan,” katanya.

“Sebagai partner dialog, kami melihat kawasan ini sangat penting bagi ekonomi kami, keamanan kami, dan kepentingan kami dalam tatanan internasional yang terbuka, stabil, dan sejahtera. Kami berharap dapat membangun kemitraan baru ini untuk mendukung sentralitas ASEAN, sebagai episentrum pertumbuhan,” tambahnya.  

Baca Juga: 6 Menu Makanan dalam Acara Penobatan Raja Charles III, Bikin Ngiler!

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya