Presiden Rusia Vladimir Putin Tidak Hadir Pada COP 26 di Inggris

Rusia akan hadir dari jarak jauh secara daring

Jakarta, IDN Times – Presiden Rusia, Vladimir Putin, dipastikan tidak akan menghadiri COP26 atau KTT iklim yang digelar oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada akhir Oktober nanti. Pengumuman yang disampaikan pada Rabu (20/10/2021) itu menjadi pukulan telak bagi munculnya terobosan internasional tentang krisis iklim. 

Berdasarkan keterangan juru bicara presiden, Dmitry Peskov, Rusia akan menghadiri konferensi dari jarak jauh. Rusia merupakan negara penghasil gas rumah kaca terbesar keempat di dunia, dilansir Reuters

Selain Putin, sejumlah kepala negara yang telah mengonfirmasi ketidakhadirannya adalah Presiden China, Xi Jinping, dan Perdana Menteri India, Narendra Modi. Adapun COP26 akan digelar di Glasgow, Skotlandia dari 31 Oktober hingga 12 November. 

1. Rusia akan hadir secara daring dari jarak jauh

Presiden Rusia Vladimir Putin Tidak Hadir Pada COP 26 di InggrisPresiden Tiongkok Xi Jinping saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS

Pada pengumuman yang sama, Kremlin juga mengabarkan bahwa Putin tidak akan menghadiri KTT G20 di Italia bulan ini, karena kekhawatiran tentang pandemik COVID-19.

"Kami perlu mencari tahu dalam format (Putin) memungkinkan untuk berbicara melalui konferensi video dan pada saat apa,” kata Peskov. 

"Isu-isu yang akan dibahas di Glasgow sekarang menjadi salah satu prioritas kebijakan luar negeri kita," tambahnya, menegaskan bahwa Rusia tidak memandang sebelah mata urgensi pertemuan itu.

Baca Juga: Ngarep Investasi Besar, PM Inggris Terang-Terangan Pro-China

2. Rusia berkomitmen nol emisi karbon pada 2060

Presiden Rusia Vladimir Putin Tidak Hadir Pada COP 26 di InggrisIlustrasi Pemanasan Global. (IDN Times/Aditya Pratama)

Rusia memanas 2,8 kali lebih cepat daripada rata-rata global, dengan mencairnya lapisan es Siberia yang menutupi 65 persen daratan Rusia. Hal itu memicu peningkatan besar gas rumah kaca. 

Pekan lalu, Putin menyampaikan bahwa Rusia akan berusaha untuk menjadi negara dengan netral karbon selambat-lambatnya pada 2060. Menurut Putin, hidrogen, amonia, dan gas alam kemungkinan akan memainkan peran yang lebih besar di tahun mendatang.

Kemudian, dia juga menegaskan bahwa Rusia siap untuk berdialog dengan siapa saja untuk mengatasi perubahan iklim. 

3. Pandemik COVID-19 di Rusia masih mengkhawatirkan

Presiden Rusia Vladimir Putin Tidak Hadir Pada COP 26 di InggrisIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelum pengumuman Kremlin, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan kepada para investor bahwa COP26 akan dihadiri banyak tokoh. 

“Sepertinya banyak orang yang akan datang sendiri,” ujar dia.

Pekan lalu, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengurungkan niatnya untuk tidak menghadiri COP26. Sebelumnya, dia enggan menghadiri acara tersebut karena kewajiban karantina bagi siapa saja yang baru kembali dari luar negeri. Menurut dia, karantina menghambat kinerjanya dalam mengatasi pandemik COVID-19 di Negeri Kanguru. 

"Saya mengonfirmasi kehadiran saya di KTT Glasgow, yang saya tunggu-tunggu untuk hadir. Pemerintah akan memfinalisasi posisinya untuk dibawa ke KTT,” kata Morrison dikutip dari The Straits Times

Terkait pandemik COVID-19 di Rusia, trennya memang meresahkan. Pada Selasa (19/10/2021), Rusia mencatat rekor kematian harian tertinggi yaitu 1.015 kematian. Sehari sebelumnya, Rusia juga mencatat rekor infeksi harian tertinggi yaitu 34.325 kasus baru dalam sehari, dilansir dari Worldometer.

Total infeksi corona di Rusia mencapai 8 juta kasus dengan 226 ribu kematian. 

Baca Juga: Rusia Jadi Tuan Rumah Dialog Internasional dengan Taliban, Bahas Apa?

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya