Rusia-Korut Ucapkan Selamat untuk Periode Ketiga Presiden Xi Jinping 

Putin ingin hubungannya dengan China makin erat

Jakarta, IDN Times - Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memberi selamat kepada Presiden China Xi Jinping, yang pada Minggu (21/10/2022) telah memperoleh mandat dari Partai Komunis China untuk meneruskan periode ketiganya sebagai pemimpin China.  

Putin berharap, Rusia-China bisa mengembangkan kemitraan komprehensif antara kedua negara. Pada Februari, tiga pekan sebelum invasi, Moskow-Beijing telah menandatangani perjanjian kemitraan tanpa batas.

“Hasil Kongres Partai sepenuhnya mengonfirmasi otoritas politik tinggi Anda, serta persatuan partai yang Anda pimpin,” kata Putin kepada Xi, menurut situs web Kremlin, dilansir The Straits Times.

1. Rusia ingin hubungannya semakin dekat dengan China

Rusia-Korut Ucapkan Selamat untuk Periode Ketiga Presiden Xi Jinping Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden China, Xi Jinping. (twitter.com/President of Russia)

Sejak perang di Ukraina meletus, China sangat berhati-hati dalam menyampaikan sikapnya. Di satu sisi, Beijing tidak mengutuk operasi militer khusus Moskow. Di sisi lain, Beijing mendesak agar pihak yang berseteru segera berdamai dan China siap memainkan peran sebagai mediator damai.  

Di tengah sanksi internasional dan Putin yang semakin diasingkan dari pencaturan global, Moskow melihat Beijing sebagai mitra geopolitik dan ekonomi utama. Ucapan selamat ini dinilai sebagai salah satu cara Putin untuk membina hubungan baik dengan Xi.

Putin yakin, pengangkatan kembali Xi akan memperkuat posisi China di arena internasional, dan membantu negara itu mewujudkan rencana investasi serta pengembangan domestiknya yang besar.

Baca Juga: Partai Komunis Tunjuk Xi Jinping sebagai Presiden untuk Periode Ketiga

2. Kim Jong-un sampaikan selamat juga kepada Xi

Rusia-Korut Ucapkan Selamat untuk Periode Ketiga Presiden Xi Jinping ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Sementara itu, Kim dari Korea Utara juga mengirimkan “ucapan selamat yang paling hangat” kepada Xi, menurut media pemerintah.

“Saya, bersama Anda, akan membentuk masa depan yang lebih indah dari hubungan DPRK-China yang memenuhi tuntutan zaman,” kata Kim, menggunakan akronim untuk nama resmi Korea Utara, menurut Kantor Berita Pusat Korea.

3. Xi mengatakan bahwa dunia membutuhkan China

Rusia-Korut Ucapkan Selamat untuk Periode Ketiga Presiden Xi Jinping Presiden China Xi Jinping (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Sebagai informasi, Kongres Partai Komunis China ditutup dengan dua keputusan utama, yaitu menyetujui kepemimpinan Xi untuk periode ketiga dan menunjuknya sebagai Kepala Militer China. Xi menjadi sosok pertama yang berhasil mengamankan masa jabatan ketiga seperti pendiri Partai Komunits China, Mao Zedong.

Dalam pidatonya setelah mengamankan jabatan lima tahun ke depan, Xi mengatakan bahwa dunia membutuhkan China.

"China tidak dapat berkembang tanpa dunia, dan dunia juga membutuhkan China. Setelah lebih dari 40 tahun upaya tanpa henti menuju reformasi dan keterbukaan, kami telah menciptakan dua keajaiban, pembangunan ekonomi yang cepat dan stabilitas sosial jangka panjang," kata Xi, dikutip dari NDTV

Baca Juga: Jepang-Australia Teken Pakta Keamanan untuk Lawan Ancaman China 

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya