Xi Jinping ke Albanesse: Saya Menantikan Hubungan Baik China-Australia

Merayakan 50 tahun hubungan diplomatik China-Australia

Jakarta, IDN Times - Presiden China, Xi Jinping, bertukar pesan ucapan selamat dengan mitranya dari Australia untuk memperingati 50 tahun hubungan diplomatik. Hal itu menandakan babak baru hubungan dagang antara kedua negara, yang beberapa tahun terakhir sempat memanas.

Media pemerintah CCTV melaporkan, pada Rabu (21/12/2022), Xi mengirim pesan kepada Perdana Menteri Anthony Albanese dan Gubernur Jenderal David Hurley.

“Saya sangat mementingkan perkembangan hubungan China-Australia dan bersedia bekerja sama dengan pihak Australia,” kata Xi.

1. China soroti pentingnya hubungan diplomatik yang sehat

Xi Jinping ke Albanesse: Saya Menantikan Hubungan Baik China-AustraliaPresiden China Xi Jinping (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Xi mengatakan, China bersedia bekerja sama dengan Australia untuk mempromosikan pembangunan hubungan bilateral yang berkelanjutan. Dia juga menekankan bahwa hubungan diplomatik yang stabil dan sehat penting bagi kedua negara.

Pemerintah Partai Buruh kiri-tengah di Australia, pada Mei, telah menggerakkan pengaturan ulang diplomatik dengan China, memperbaiki hubungan yang tegang di bawah perdana menteri sebelumnya, Scott Morrison.

Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, berada di China untuk kunjungan kenegaraan pertama yang dilakukan oleh diplomat top Negeri Kanguru sejak 2018. Wong diperkirakan bakal bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

Baca Juga: Makin Lengket, Rusia-China Latihan Militer Bersama di Laut China Timur

2. PM Albanesse perbaikan hubungan dengan China

Xi Jinping ke Albanesse: Saya Menantikan Hubungan Baik China-AustraliaAnthony Albanese, Perdana Menteri Australia (Instagram.com/albomp)

Pada April 2020, seruan Morrison untuk penyelidikan internasional tentang asal COVID-19 membuat marah pemerintah China. Itu kemudian menempatkan sanksi perdagangan pada sejumlah ekspor Australia, termasuk anggur, jelai, dan daging.

Sejak kekalahan Morrison, kedua pihak telah mengadakan beberapa pertemuan menteri senior, termasuk pembicaraan antara Albanese dan Xi di sela-sela KTT Kelompok 20 pada bulan November, dikutip dari The Straits Times.

Dalam unggahan Twitter pada Rabu, Albanese mengatakan Australia ingin memiliki hubungan yang stabil dengan China.

“Kami akan bekerja sama di mana kami bisa, tidak setuju, (tapi masih bisa) terlibat dalam kepentingan nasional,” kata Albanesse.

3. Momen 50 tahun hubungan diplomatik Australia-China

Xi Jinping ke Albanesse: Saya Menantikan Hubungan Baik China-AustraliaPerdana Menteri Australia Anthony Albanese (kiri) saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia (15/11/2022). (twitter.com/AlboMP)

Sebagai informasi, lawatan Wong ke Beijing dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomatik Australia-China.

Selain bertemu Wang Yi, Wong juga akan menghadiri Dialog Luar Negeri dan Strategis Australia-China yang Ke-6. Dialog ini terakhir diadakan pada 2018.

"Perdagangan antara Australia dan China, serta hubungan orang ke orang, budaya dan bisnis yang kuat telah memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua negara kita," sambung Albanesse, terkait pentingnya pemulihan hubungan Beijing-Canberra.

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya