Comscore Tracker

Zelenskyy Terpilih sebagai Person of The Year 2022 Majalah Time

Zelenskyy bersaing dengan Presiden China Xi Jinping

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dinobatkan sebagai Person of the Year 2022 versi majalah Time. Penghargaan tahunan oleh majalah Amerika Serikat (AS) tersebut diberikan kepada seseorang yang dirasa memilki pengaruh global selama 12 bulan terakhir.

“(Person of the Year) adalah seseorang yang paling memengaruhi berita atau hidup kita, menjadi lebih baik, atau lebih buruk,” demikian keterangan majalah Time, dilansir Sky News.

1. Penghargaan atas kehadiran dan kepemimpinan Zelenskyy selama perang

Zelenskyy Terpilih sebagai Person of The Year 2022 Majalah TimePresiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. twitter.com/ZelenskyyUa

Setahun terakhir, Zelenskyy telah memimpin negaranya di saat perang dengan Rusia, yang meletus pada Februari 2022. Kendati ada seruan agar pria berusia 44 tahun itu dan keluarganya dievakuasi, tapi dia lebih memilih tinggal di Kiev bersama warganya dan mempertahankan negaranya.

Berkali-kali Zelenskyy mengatakan bahwa dia tidak perlu bersembunyi dan “tidak takut pada siapa pun”.

"Keberhasilan presiden sebagai pemimpin masa perang bergantung pada keberanian yang menular. Dan itu menyebar melalui kepemimpinan politiknya pada hari-hari pertama invasi,” demikian keterangan majalah Time, dilansir Al Jazeera.

Baca Juga: Wakil Rusia dan Ukraina akan Hadir di Bali Democracy Forum 

2. Zelenskyy sebut tugasnya belum selesai

Zelenskyy Terpilih sebagai Person of The Year 2022 Majalah TimePresiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, terpilih sebagai Person of the Year 2022 versi majalah Times (Twitter/Time)

Zelenskyy lahir pada 1978 di Kryvyi Rih yang berbahasa Rusia, wilayah tenggara yang kemudian dikenal sebagai Republik Sosialis Soviet Ukraina. Dia masih berusia 12 tahun ketika Uni Soviet bubar dan Ukraina memperoleh kemerdekaannya.

Mantan komedian dan aktor itu mengejutkan dunia ketika memenangkan pemilihan presiden 2019 dengan perolehan suara mencapai 73 persen di putaran kedua. Dia berhasil mengalahkan Petro Poroshenko.

Sementara itu, kepada Time, Zelenskyy mengatakan bahwa tugasnya belum selesai.

"Saya belum menyelesaikan tindakan besar dan penting ini untuk negara kita. Masih belum," katanya.

3. Bersaing dengan Xi Jinping

Zelenskyy Terpilih sebagai Person of The Year 2022 Majalah TimePresiden China, Xi Jinping dan Ibu Negara China, Peng Liyuan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (14/11/2022). (dok. Media Center G20)

Ada beberapa kandidat yang dipertimbangkan untuk Person of the Year 2022, termasuk Presiden China Xi Jinping, politikus AS Liz Cheney, dan miliarder dermawan MacKenzie Scott.

Adapun Person of the Year 2021 jatuh kepada CEO Tesla dan Space X, Elon Musk.

Sederet tokoh yang pernah jadi pemenang adalah Angela Merkel pada 2015, Donald Trump pada 2016, Greta Thunberg pada 2019, dan Joe Biden bersama Kamala Harris pada 2020.

Aktris Michelle Yeoh dinobatkan sebagai Icon of the Year 2022, saat majalah tersebut merayakan ualng tahun ke-40.

Tradisi penghargaan tahunan ini dimulai pada 1927, ketika penerbang Amerika Charles Lindbergh diberi gelar setelah melakukan penerbangan transatlantik nonstop solo pertama dari New York ke Paris.

Penghargaan juga dapat diberikan kepada orang-orang yang kontroversial karena pengaruhnya terhadap peristiwa dunia, seperti Adolf Hitler dan Joseph Stalin.

Baca Juga: Zelenskyy Tantang Elon Musk Lihat Kondisi Ukraina 

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya