Eks Wakil PM Malaysia: Gempa Palu Terjadi Karena Aktivitas Gay

Pernyataan ini langsung menuai kontroversi

Jakarta, IDN Times - Politisi asal Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi melontarkan pernyataan kontroversial. Mantan Wakil PM Malaysia itu menyebut, gempa dan tsunami di Indonesia yang baru-baru ini terjadi adalah "hukuman dari Allah" karena kegiatan orang-orang gay.

Sontak, pernyataan Ahmad Zahid Hamidi menimbulkan pro dan kontra. Komentar yang dilontarkannya disebut-sebut sebagai "senjata" untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari tuduhan korupsi yang menyeret namanya.

1. Pernyataan Ahmad Zahid Hamidi mengenai bencana di Palu

Eks Wakil PM Malaysia: Gempa Palu Terjadi Karena Aktivitas GayReuters TV via Antara News

Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pejabat tinggi Malaysia, salah satunya Perdana Menteri Mahathir Mohamad, telah menegaskan bahwa Negeri Jiran menentang adanya hak-hak gay. Dua lesbian juga dicambuk karena melanggar hukum Islam yang melarang hubungan sesama jenis.

Hal inilah yang memancing Ahmad Zahid Hamidi untuk ikut mengeluarkan pernyataannya mengenai lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). "Di Palu, di mana ada gempa dan tsunami baru-baru ini, dikatakan ada lebih dari seribu orang yang terlibat dalam kegiatan (LGBT) tersebut. Akibatnya, seluruh daerah hancur. Ini hukuman dari Allah," dikutip dari channelnewsasia.com edisi 23 Oktober 2018.

2. Reaksi aktivis hak-hak gay

Eks Wakil PM Malaysia: Gempa Palu Terjadi Karena Aktivitas GayTwitter.com/@PangKheeTeik

Tentu saja pernyataan itu memicu reaksi keras dari aktivis LGBT. Salah satunya, Pang Khee Teik. Menurut dia, politikus selalu menyalahkan LGBT ketika hal buruk terjadi.

 "Bukti bahwa setiap kali seorang politisi dalam masalah, orang LGBT disalahkan. Lain kali Anda mendengar seorang politikus mengatakan bahwa orang LGBT menyebabkan bencana alam, harap ingat bahwa itu karena kariernya akan ditelan oleh bumi," katanya.

Beberapa pengguna twitter juga ikut mengomentari reaksi yang diberikan Pang Khee Teik ini, seperti yang dituliskan oleh akun @jamian_said, "Sepakat. Orang-orang ini akan menyalahkan segala sesuatu di bawah langit dan LGBT untuk segala hal buruk yang terjadi. Mengapa mereka tidak menyalahkan diri mereka sendiri. Ini menunjukkan betapa rendahnya mereka."

Akun @dramq1217 juga ikut berkomentar, "Tuhan juga menghukum pemimpin yang mencuri dari rakyat, akan membusuk di neraka untuk jumlah yang dicurinya."

Baca Juga: [UPDATE] Dampak Gempa dan Tsunami di Palu, 2.256 Orang Meninggal Dunia

3. Syed Saddiq Syed Abdul Rahman pun bertanya pada Ahmad Zahid Hamidi

Eks Wakil PM Malaysia: Gempa Palu Terjadi Karena Aktivitas GayInstagram.com/syedsaddiq

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Syed Saddiq Syed Abdul Rahman bertanya pada Zahid nasib apa yang mungkin menimpa orang-orang yang mencuri uang rakyat. 

"Bagaimana dengan mereka yang korup dan bersekongkol dengan orang-orang yang mencuri uang rakyat? Apakah nasib buruk akan jatuh?" tanya Syed Saddiq. Dalam akun Twitter itu, Syed Saddiq menuliskan pertanyaannya dan mengomentari pemberitaan ini.

Eks Wakil PM Malaysia: Gempa Palu Terjadi Karena Aktivitas GayTwitter.com/@SyedSaddiq

Baca Juga: [BREAKING] BNPB: Korban Hilang Akibat Gempa Palu Mencapai 5.000 Orang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya