Korut Makin Panas! AS-Korsel Gelar Latihan Militer Gabungan 

AS kerahkan kapal bertenaga nuklirnya

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat dan Korea Selatan memulai latihan gabungan militer Angkatan Laut pertama mereka dalam 5 tahun terakhir di lepas pantai timur Semenanjung Korea pada Senin (26/9/2022). Latihan ini dilakukan sehari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistiknya. 

Militer Angkatan Laut Korsel mengatakan bahwa latihan bertujuan untuk mempertegas pertahanan aliansi dalam menanggapi ancaman Korea Utara di kawasan.

Latihan ini akan digelar selama empat hari mulai 26-29 September, dan akan melibatkan latihan operasi perang anti-kapal dan anti-kapal selam, manuver taktis, serta operasi maritim lainnya. 

1. Perkuat pertahanan aliansi untuk menanggapi provokasi Korut di kawasan

Korut Makin Panas! AS-Korsel Gelar Latihan Militer Gabungan Pertemuan tingkat menteri luar negeri dan pertahanan Korsel-AS (twitter.com/globaltimesnews)

Angkatan Laut Korea Selatan menjelaskan, latihan gabungan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kedua negara dalam melakukan operasi militer bersama, sekaligus menunjukkan kekuatan pertahanan aliansi untuk menanggapi provokasi Korea Utara di kawasan. 

"Latihan ini disiapkan untuk menunjukkan keinginan kuat dari aliansi Korea Selatan-AS untuk menanggapi provokasi Korea Utara," kata Angkatan Laut Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Straits Times.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, berjanji untuk meningkatkan latihan militer bersama dengan AS, setelah bertahun-tahun gagal mencapai kesepakatan dengan Korea Utara. 

Baca Juga: Tensi Memanas, Korut Diprediksi Tolak Reuni Keluarga dengan Korsel

2. Sehari jelang latihan gabungan digelar, Korut kembali meluncurkan rudal balistiknya

Korut Makin Panas! AS-Korsel Gelar Latihan Militer Gabungan ilustrasi rudal korut (twitter.com/JosephHDempsey)

Korea Utara meluncurkan rudal balistik ke arah laut di lepas pantai timurnya pada Minggu (25/9/2022), sehari sebelum latihan militer Angkatan Laut gabungan AS-Korsel digelar.

Korut tercatat sudah meluncurkan 32 rudal balistik sejak awal 2022, jumlah ini memecahkan rekor terbanyak dalam kurun waktu satu tahun. 

Dilansir The Washington Post, Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, peluncuran rudal dilakukan dari wilayah Taecheon di Provinsi Pyongan Utara pada Minggu (25/9/2022), sekitar pukul 6:53 pagi waktu setempat, terbang sekitar 373 mil, dan mencapai ketinggian sekitar 38 mil.

Sebagai tanggapan, Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan menggelar pertemuan darurat untuk membahas respons dan mengutuk peluncuran rudal oleh Korea Utara, sebagai pelanggaran nyata terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB

Dikatakan pula bahwa tindakan Pyongyang sebagai provokasi perdamaian dan keamanan di Semenanjung Korea. 

3. Libatkan lebih dari 20 kapal, termasuk kapal induk bertenaga nuklir AS

Korut Makin Panas! AS-Korsel Gelar Latihan Militer Gabungan ilustrasi kapal (pixabay.com/Stevebidmead)

Latihan gabungan kali ini melibatkan lebih dari 20 kapal Angkatan Laut kedua negara, termasuk kapal induk bertenaga nuklir AS, USS Ronald Reagan, kapal penjelajah AS, dan kapal perusak Korea Selatan dan AS.

Tak hanya itu, pesawat tempur dan helikopter AS dan Korsel turut ambil bagian dalam latihan tersebut. 

Washington adalah sekutu keamanan utama Seoul. AS menempatkan sekitar 28.500 tentaranya di Korea Selatan untuk melindungi Seoul dari ancaman Korea Utara yang bersenjata nuklir. 

Baca Juga: Jelang Latihan Militer AS-Korea Selatan, Korea Utara Tembakan Rudal 

Angga Kurnia Saputra Photo Verified Writer Angga Kurnia Saputra

Self-proclaimed foreign policy enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya