Kunjungi Taipei, Mendag Inggris: Taiwan Juaranya Perdagangan Bebas

China marah dengan kunjungan pejabat Inggris

Jakarta, IDN Times - Departemen Perdagangan Internasional Inggris, pada Senin (7/11/2022), mengatakan bahwa Menteri Perdagangan sekaligus anggota parlemen Inggris, Greg Hands, akan mengunjungi Taiwan untuk mempererat hubungan perdagangan kedua negara pada Selasa (8/11/2022). 

"Kunjungan itu merupakan sinyal yang jelas dari komitmen Inggris untuk meningkatkan hubungan perdagangan Inggris-Taiwan. Taiwan adalah juara dalam perdagangan bebas dan adil yang didukung oleh sistem perdagangan global berbasis aturan," kata Departemen Perdagangan Internasional Inggris, dikutip dari VOA News

Kunjungan tersebut memantik kemarahan Baijing yang mengklaim Taipei sebagai wilayahnya, dan menganggap bahwa hal tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap separatisme Taiwan dari China.

1. Ingatkan kebijakan satu China

Kunjungi Taipei, Mendag Inggris: Taiwan Juaranya Perdagangan Bebasilustrasi bendera China (unsplash.com/Yan Ke)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, dengan tegas menentang segala bentuk pertukaran kunjungan resmi antarnegara manapun dengan Taiwan. 

"Kami mendesak pihak Inggris untuk menghentikan segala bentuk pertukaran resmi dengan Taiwan dan berhenti mengirimkan sinyal yang salah kepada kekuatan separatis untuk kemerdekaan Taiwan," kata Zhao Lijian, dikutip dari Reuters

Zhao menambahkan, Inggris harus dengan sungguh-sungguh menghormati kedaulatan China.

"Menjunjung tinggi prinsip satu China," katanya. 

Baca Juga: AS Ribut dengan Rusia-China di Dewan Keamanan PBB Gegara Korut

2. Temui Presiden Taiwan dan para pejabat negara

Kunjungi Taipei, Mendag Inggris: Taiwan Juaranya Perdagangan BebasPresiden Taiwan, Tsai Ing-Wen (twitter.com/iingwen)

Kunjungan Greg Hands akan berlangsung selama dua hari. Juru bicara kedutaan de facto Inggris di Taiwan mengatakan kepada AFP, kunjungan akan dimulai pada Selasa (8/11/2022). 

Otoritas Inggris juga mengatakan, kunjungan Hands ke Taiwan adalah untuk menjadi wakil tuan rumah dalam Pembicaraan tahunan ke-25 Perdagangan Inggris-Taiwan.

Departemen juga menambahkan bahwa Hands akan bertemu Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, negosiator perdagangan terkenal John Deng, dan Menteri Ekonomi Taiwan Wang Mei-hua. 

3. Strategi inggris untuk tingkatkan keterlibatan di Indo-Pasifik

Kunjungi Taipei, Mendag Inggris: Taiwan Juaranya Perdagangan Bebasilustrasi bendera Inggris (unsplash.com/simon frederick)

Hands mengatakan, meningkatkan perdagangan dengan mitra vital seperti Taiwan merupakan bagian dari kecenderungan Inggris ke Indo-Pasifik pasca-Brexit. 

Ia juga menambahkan, melalui kolaborasi yang lebih erat antara kedua negara, akan membuktikan masa depan ekonomi dalam beberapa dekade mendatang. 

Dalam mencari hubungan dagang baru dan meningkatkan keterlibatannya di Indo-Pasifik setelah keluar dari Uni Eropa, Inggris juga mengajukan permintaan untuk bergabung dengan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), yang telah disetujui pada Februari lalu. 

Baca Juga: Ajak Dunia Menuju Net-Zero Emissions, Taiwan Mau Berkontribusi Global

Angga Kurnia Saputra Photo Verified Writer Angga Kurnia Saputra

Self-proclaimed foreign policy enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya