Rudal Rusia Hantam Ukraina, Satu Orang di Kiev Tewas

Peringatan serangan udara dikeluarkan di seluruh wilayah

Jakarta, IDN Times - Rusia kembali meluncurkan serangan rudal ke Ukraina pada Rabu (23/11/2022). Peringatan serangan udara langsung dikeluarkan di seluruh wilayah menyusul serangan tersebut.

Media setempat melaporkan, sistem pertahanan udara Ukraina dikerahkan di beberapa wilayah. Koresponden Reuters di Kiev mengatakan telah mendengar beberapa ledakan keras dan sistem antirudal yang beroperasi. 

1. Serangan menargetkan infrastruktur penting

Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko, mengatakan rudal yang diluncurkan Rusia menghantam satu infrastruktur penting Ukraina. Meskipun tidak memberikan rincian mengenai infrastruktur yang terdampak, tetapi Rusia dalam beberapa minggu terakhir telah menargetkan serangan ke fasilitas energi Ukraina. 

Klitschko juga meminta orang-orang agar tetap berada di tempat penampungannya, seiring berlanjutnya peringatan udara yang dikeluarkan. 

"(Rudal) Menabrak salah satu fasilitas infrastruktur ibu kota. Tetap di tempat penampungan! Peringatan udara berlanjut," tulis Klitschko di aplikasi Telegram, dikutip dari Kyiv Independent

Baca Juga: Akrab dengan Putin, Presiden Kuba Kecam Sanksi AS ke Rusia

2. Listrik dipadamkan di beberapa wilayah

Rudal Rusia Hantam Ukraina, Satu Orang di Kiev Tewasilustrasi bendera Ukraina (unsplash.com/Yehor Milohrodskyi)

Kepala Administrasi Militer Regional, Oleksii Kuleba, mengatakan bahwa listrik dipadamkan di seluruh wilayah Kiev menyusul serangan rudal Rusia.

Hal yang sama dilaporkan Wali Kota Lviv, Andriy Sadovyi, bahwa pemadaman listrik juga terjadi di sekitar wilayah barat Ukraina. 

Pemadaman menyebabkan dua pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina berhenti beroperasi, yakni pembangkit nuklir Pivdennoukrainsk di selatan Ukraina dan pembangkit nuklir Khmelnytskyi di barat Ukraina. 

Meski begitu, perusahaan energi nuklir Ukraina, Energoatom, telah mengonfirmasi bahwa seluruh pembangkit listrik tersebut baik-baik saja.

3. Ada korban tewas

Administrasi Militer Kota Kiev mengatakan, serangan udara Rusia menghantam gedung dua lantai di ibu kota. Pejabat melaporkan setidaknya satu orang tewas dan 20 orang lainnya terluka. 

Pihak kepolisian melaporkan, serangan juga terjadi di kota Vyshhorod. Serangan itu menghantam sebuah bangunan tempat tinggal, dan membunuh satu orang dan melukai banyak orang. 

Selain itu, suara ledakan juga dilaporkan di beberapa wilayah di Ukraina seiring peringatan serangan udara terus diberlakukan di seluruh wilayah. 

Baca Juga: Polandia Tempatkan Misil Patriot di Perbatasan Ukraina

Angga Kurnia Saputra Photo Verified Writer Angga Kurnia Saputra

Self-proclaimed foreign policy enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya