Comscore Tracker

Yey! Kanada Cabut Kebijakan COVID-19 untuk Turis Mulai 1 Oktober

Turis tak perlu lagi tunjukkan bukti vaksin dan tes COVID

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kanada, pada Senin (26/9/2022), mengumumkan bakal menghapus kebijakan pembatasan COVID-19 untuk turis mulai Sabtu (1/10/2022). Pelonggaran bertujuan untuk meningkatkan kembali geliat industri pariwisata di Kanada, yang sempat lesu selama berbulan-bulan karena pandemik. 

Meskipun begitu, Menteri Kesehatan Kanada, Jean-Yves Duclos, mengingatkan bahwa pemerintah siap untuk memberlakukan kembali kebijakan pembatasan jika sewaktu-waktu diperlukan.

"Jelas kami tidak memiliki harapan untuk menerapkan kembali beberapa tindakan (pembatasan) ini, tetapi jika kami perlu melindungi keselamatan warga Kanada, kami harus melakukannya," kata Duclos, dikutip dari Reuters.

1. Penggunaan masker hingga wajib vaksin kini tak lagi diwajibkan

Badan Kesehatan Masyarakat Kanada pada Senin (26/9/2022) menjelaskan, efektif per 1 Oktober mendatang para turis tidak lagi diwajibkan untuk melakukan:

  • Mengisi informasi kesehatan baik melalui aplikasi atau website ArriveCAN;
  • Menyertakan bukti vaksinasi;
  • Melakukan tes COVID sebelum atau pada saat kedatangan;
  • Melakukan karantina atau isolasi; dan
  • Harus memantau dan melaporkan jika mengalami gejala COVID saat tiba di Kanada.

Kebijakan untuk menggunakan masker juga dicabut. Namun, pemerintah tetap menyarankan agar para turis menggunakan masker berkualitas tinggi selama melakukan perjalanan.

Pihaknya juga menambahkan bahwa kebijakan juga berlaku untuk kedatangan melalui kereta atau kapal laut. 

Baca Juga: PM Kanada Kecam Mobilisasi Rusia: Bukti Kegagalan Invasi!

2. Pertimbangkan tingkat vaksinasi yang tinggi

Yey! Kanada Cabut Kebijakan COVID-19 untuk Turis Mulai 1 Oktoberilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash.com/Brano)

Pemerintah menjelaskan, pencabutan kebijakan pembatasan dilakukan setelah mempertimbangkan tingkat vaksinasi di Kanada yang tinggi.

Tercatat telah lebih dari 90 persen warga Kanada yang berusia di atas 12 tahun telah menerima suntikan utama vaksin COVID-19. 

Pemerintah menambahkan, pertimbangan juga didasarkan pada ketersediaan vaksin dan perawatan terhadap pasien yang memadai, serta data yang menunjukkan bahwa Kanada telah melewati puncak gelombang terbaru infeksi virus Corona. 

3. Turis yang sakit saat tiba di Kanada diminta lakukan pemeriksaan kesehatan

Yey! Kanada Cabut Kebijakan COVID-19 untuk Turis Mulai 1 Oktoberilustrasi kepadatan bandara oleh wisatawan (pixabay.com/Skitterphoto)

Pemerintah Kanada juga mengingatkan, bagi turis yang memiliki gejala COVID-19 agar tidak melakukan perjalanan. Serta, untuk warga Kanada agar mempertimbangkan perjalanan ke luar negeri untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mereka.

Para turis yang merasa sakit saat tiba di Kanada diminta untuk menghubungi petugas layanan perbatasan saat kedatangan, untuk dirujuk ke petugas karantina yang nantinya memutuskan apakah turis tersebut perlu melakukan asesmen kesehatan lebih lanjut atau tidak.

Baca Juga: Kantor Kedubes Diserang, Rusia Panggil Dubes Kanada di Moskow

Angga Kurnia Saputra Photo Verified Writer Angga Kurnia Saputra

Self-proclaimed foreign policy enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya