6 Fakta Geografi Rusia yang Perlu Kamu Ketahui

Sisi lain Rusia yang menarik untuk dibahas!

Siapa yang tidak kenal Rusia? Negara superpower yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan karena melakukan operasi militer ke Ukraina ini tidak hanya menarik dari segi politik, namun juga kondisi geografisnya. Yuk, simak fakta-fakta geografis Rusia di bawah ini!

1. Rusia merupakan negara terbesar di dunia

6 Fakta Geografi Rusia yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/Artem Beliaikin

Rusia menempati seperdelapan luas daratan yang ada di bumi. Meskipun menjadi negara terluas, populasi penduduk Rusia bukanlah yang terbanyak di dunia. Hal ini berkaitan dengan letak Rusia di sekitar lingkaran arktik. Beberapa wilayah jarang dihuni karena iklim yang keras, seperti di Siberia dan bagian timur Rusia.

2. Pegunungan Ural di Rusia menjadi batas Eropa dan Asia

6 Fakta Geografi Rusia yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi pegunungan (pexels.com/Dmitriy Piskarev)

Rusia terletak di dua benua yaitu Asia dan Eropa. Kota-kota besar, termasuk Moskow, ibukota Rusia terletak di bagian Eropa. Batas benua Eropa adalah pegunungan Ural yang memanjang dari utara ke selatan Rusia. Setelah pegunungan Ural, membentang dataran luas hingga ke samudera Pasifik di sebelah timur. Wilayah ini dikenal dengan nama Siberia. 

3. Pegunungan Kaukasus di selatan Rusia

6 Fakta Geografi Rusia yang Perlu Kamu Ketahuikawasan Kaukasus (flickr.com/Andy Makhause

Perbatasan lain benua Asia dan Eropa! Wilayah Rusia ada di Kaukasus Utara, berbatasan dengan Georgia dan Azerbaijan. Puncaknya, Gunung Elbrus, merupakan gunung tertinggi di Eropa (5.642 meter). Wilayah ini juga kaya akan berbagai kebudayaan dan bahasa, loh!

Baca Juga: 40 Seni Surealis Pemuda Rusia Ini Bikin Merinding, Berani Lihat?

4. Kota Yakutsk di Republik Sakha menjadi kota terdingin di dunia

6 Fakta Geografi Rusia yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi musim dingin di suatu kota (pexels.com/Aleksandra Blinova)

Kota Yakutsk terletak di Siberia. Rata-rata temperatur Yakutsk pada musim dingin mencapai -40 derajat celcius. Saking dinginnya, air panas pun langsung membeku dalam hitungan menit, loh! Daging yang dibiarkan di luar ruangan akan membeku seperti diletakkan di freezer. Jadi kalau mau menyimpan daging berminggu-minggu gak perlu kulkas, cukup letakkan saja di luar rumah!

5. Danau Baikal di Siberia selatan adalah danau air tawar terbesar di dunia

6 Fakta Geografi Rusia yang Perlu Kamu KetahuiDanau Baikal (flickr.com/Mike Norton)

Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar berdasarkan volume (23615,39 km kubik). Selain itu Baikal juga dinobatkan sebagai danau terdalam (1642 meter) dan danau tertua di dunia yang terbentuk 25-30 juta tahun yang lalu. UNESCO menyatakan Danau Baikal sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1996.

6. Pulau Diomede Besar dan Diomede Kecil, dekat tapi jauh

6 Fakta Geografi Rusia yang Perlu Kamu KetahuiKepulauan Diomede (flickr.com/Bering Land Bridge National Preserve)

Kepulauan Diomede terletak di selat Bering yang memisahkan Rusia dan Alaska. Pulau Diomede Besar adalah kawasan Rusia, sementara Pulau Diomede Kecil dimiliki oleh Amerika. Meskipun letaknya berdekatan, dua pulau ini dipisahkan oleh batas penanggalan internasional. Jadi kalau di Diomede Besar sudah tahun baru, Diomede Kecil harus menunggu sekitar 21 jam lagi untuk pergantian tahun. Unik, ya!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata yang Paling Sering Dikunjungi di Kota Kyiv, Ukraina

Annisa M Photo Writer Annisa M

Seorang wanita yang sedang berjuang mewujudkan mimpinya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya