16 Kandidat Berlaga di Pemilu Presiden Timor Leste

Ada empat perempuan yang juga turut serta dalam pemilu ini

Jakarta, IDN Times - Pemungutan suara pemilihan presiden Timor Leste sedang berlangsung. Pemungutan suara dilakukan pada Sabtu (19/3/2022) hingga pukul 15.00 waktu setempat atau 13.00 WIB. 

Ini merupakan pemilihan presiden kelima sejak kemerdekaan di tengah kekhawatiran atas stabilitas politik dan keamanan ekonomi. Presiden petahana ,Francisco “Lu Olo” Guterres, diketahui juga maju lagi dalam pemilu tersebut.

Baca Juga: 60 Warga Timor Leste Kuliah di Udinus Semarang, Pembekalan via Online

1. Terdapat 16 kandidat yang bersaing di pemilu Timor Leste

Setidaknya terdapat 16 kandidat yang memperebutkan posisi orang nomor satu di Timor Leste tersebut. Selain petahana, pemilu ini juga diikuti oleh tokoh-tokoh lainnya seperti peraih Nobel Perdamaian Jose Ramos-Horta, mantan pendeta, dan tokoh kemerdekaan lainnya, dilansir Al Jazeera

Ada juga empat tokoh secara independen yang maju dalam pemilu Timor Leste kali ini. Sebelumnya, survei menunjukkan bahwa sebuah universitas nasional di Timor Leste memperlihatkan Ramos-Horta dan Guterres menjadi kandidat terfavorit. 

Sebelumnya, para kandidat telah melakukan pengundian nomor urut pada 17 Februari 2022 lalu. Pengundian tersebut disaksikan langsung oleh para simpatisan masing-masing kandidat. 

Baca Juga: Destinasi Wisata di Belu Ini Kesukaan Penyanyi Gerson Asal Timor Leste

2. Ada empat kandidat wanita yang meramaikan pemilu Timor Leste

Dari enam belas kandidat tersebut, terdapat empat wanita yang mencalonkan diri sebagai presiden. Keempat orang tersebut adalah Angela Freitas, Armanda Berta dos Santos, Isabel Fereira, dan Milena Pires, dilansir UCA News

Angela merupakan Presiden Partai Buruh yang merupakan salah satu partai terpopuler di Timor Leste. Sedangkan Armanda Berta dos Santos merupakan pimpinan Partai Kmanek Haburas Unidade Nasional Timor Oan (KHUNTO).

Itri Perdana Menteri Taur Matan Ruak, Isabel Fereira juga ikut mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Timor Leste.. Ada juga nama Milena Pires yang merupakan seorang aktivis perempuan dan mantan wakil tetap Timor Leste untuk PBB.

Sumber:

https://www.ucanews.com/news/16-candidates-to-fight-for-presidency-in-timor-leste/96166

3. Jika tak ada pemenang dengan suara mayoritas, akan ada pemilu putaran kedua

Jika tidak ada kandidat yang memenangkan mayoritas langsung pada pemilu kalini, pemungutan suara akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 19 April 2022 mendatang. Bedanya, pemili tersebut hanya diikuti oleh dua kandidat dengan suara terbanyak. 

Hal tersebut sangat mungkin terjadi mengingat masing-masing kandidat memiliki daerah kemenangannya sendiri. Pemilihan Presiden Timor Leste akan ditentukan oleh 859.613 ribu warga setempat dari 13 distrik yang ada.

Berikut ini 16 Kandidat Calon Presiden Timor Leste:
1. Isabel da Costa Ferreira
2. Hermes da Rosa Ceorreia Barros
3. Maria Angela Freitas da Silva
4. Rogerio Lobato5. Anacieto Bento Fereira
6. Francisco Guterres Lu Olo 
7.Maria Elena Lopez da Jesus Pire
8. Lere Anan Timur 
9. Armanda Berta Dos Santos
10. Antero Benedito da Silva
11. Constancio Pinto
12. Virgilio Guterres
13. Martinho Gusmao
14. Jose Ramos Horta
15.Felsberto Araujo Duarte
16. Mariano Assanami.

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya