Comscore Tracker

Deretan Kejahatan Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri versi Biden

Zawahiri merupakan mastermind dari peristiwa 9/11

Jakarta, IDN Times - Salah seorang pimpinan Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri, tewas dalam serangan drone CIA di Afghanistan, pejabat AS mengatakan pada Senin (1/8/2022). Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Selasa (2/8/2022), buka suara terkait operasi ini.

Biden menyebut "keadilan baru saja ditegakkan" setelah menyampaikan pesan tentang tewasnya pemimpin al-Qaeda itu, dalam sebuah cuitan di akun Twitter resminya. Dia mengonfirmasi bahwa serangan drone AS di Afghanistan selama akhir pekan menewaskan Ayman al-Zawahiri.

Baca Juga: Pemimpin Al Qaeda Pengganti Osama Tewas dalam Serangan Drone AS

1. Pernyataan resmi Joe Biden terkait operasi pembunuhan Ayman al-Zawahiri

Biden mengatakan Ayman al-Zawahri sangat terlibat dalam perencanaan serangan teror 9/11.  Biden menekankan bahwa al-Zawahiri adalah guru dari Osama Bin Laden.

"Warga, kepentingan, dan diplomat Amerika Serikat menjadi sasaran al-Zawahiri," kata Biden.

Serangan presisi dilakukan hari Minggu (31/7/2022) itu diklaim tak melukai warga sipil Afghanistan. Operasi CIA tersebut berlangsung di ibu kota Afghanistan, Kabul, walau pemerintahan Taliban sendiri tampaknya tak mengetahui operasi ini. 

Baca Juga: 5 Fakta Al-Qaeda, Kelompok Radikal yang Dekat dengan Taliban​​​​​​​

2. Deretan dugaan kejahatan Al-Zawahiri yang ditudingkan oleh Biden

Deretan Kejahatan Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri versi Bidenilustrasi bendera Afghanistan (pixabay.com/chiplanay)

Ini merupakan pukulan terbesar bagi Al-Qaeda sejak pendirinya Osama bin Laden tewas pada 2011.

"Selama beberapa dekade, Al-Zawahiri terlibat dalam penargetan orang Amerika, termasuk pengeboman tahun 2000 ketika 17 pelaut tewas," kata Joe Biden, dilansir The Hindustan Times.

Biden juga menyebut Al-Zawahiri terlibat dalam pemboman di kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania yang menewaskan 224 orang, dan melukai lebih dari 500 orang.

Zawahiri berasal dari keluarga Mesir terkemuk. Kakeknya, Rabia'a al-Zawahiri, adalah seorang imam di Universitas al-Azhar di Kairo. Paman buyutnya, Abdel Rahman Azzam, adalah sekretaris pertama Liga Arab.

Zawahiri juga dikabarkan terlibat dalam pembunuhan Presiden Mesir Anwar Sadat pada 1981. Dia juga diyakini menjadi mastermind dari peristiwa 9/11 yang menjadi salah satu peristiwa paling kelam dalam sejarah Amerika Serikat.

Baca Juga: Pemimpin Al Qaeda Tewas dalam Serangan Drone AS di Afghanistan

3. Serangan drone pertama di Afghanistan sejak dikuasai Taliban

Ini merupakan serangan drone pertama di Afghanistan sejak Taliban menguasai negara tersebut pada Agustsus 2021 lalu. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid membenarkan bahwa serangan itu terjadi.

Taliban dikabarkan mengecam keras operasi AS itu dan menyebutnya sebagai pelanggaran prinsip-prinsip internasional. Tampaknya operasi CIA itu tak melibatkan otoritas pemerintahan Taliban yang sejauh ini tak diakui secara resmi oleh dunia internasional. 

Memang, terdapat kekosongan hukum internasional terkait perizinan operasi CIA di saat Afghanistan mengalami kudeta oleh Taliban. CIA dalam menjalankan operasinya biasanya memberikan konfirmasi terhadap otoritas pemerintahan setempat, tapi pastinya tak mempublikasikan ke media. 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya