Comscore Tracker

Eks Sekjen NATO dan Ukraina Bentuk Aliansi United 24, Apa Itu?

Total ada representasi dari 9 negara yang ikut aliansi ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, memberikan sebuah laporan perkembangan terkait keamanan di negaranya pada Sabtu (2/7/2022). Dalam pesan tersebut, Zelenskyy menjelaskan berbagai bantuan keamanan telah datang, termasuk dari Amerika Serikat (AS).

Selain itu, terdapat aliansi yang baru saja dibentuk, yaitu Group on International Security Guarantees for Ukraine atau United 24/U24. Menariknya, grup tersebut dipimpin oleh eks sekretaris jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen. 

1. Anders Fogh Rasmussen akan bekerja sama dengan para ahli dari berbagai negara

Anders Fogh Rasmussen dikabarkan telah datang di Kiev pada Sabtu (2/7/2022), untuk membahas aliansi yang baru saja dibentuk. Rasmussen menjadi pimpinan aliansi tersebut, yang anggotanya berasal dari sembilan negara yang berbeda.

Kesembilan negara yang dimaksud adalah Australia, Swedia, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Polandia, Prancis, Italia, dan Ukraina. Tak ada negara Asia yang masuk dalam aliansi tersebut, walau Jepang dan Korea Selatan merupakan negara yang vokal dalam menentang invasi Rusia.

Fungsi utama dari aliansi ini adalah menjamin keamanan di Ukraina, kendati Presiden Zelenskyy tak menjelaskan secara spesifik langkah konkret yang akan dilakukan sekumpulan negara ini. Walau begitu, aliansi ini mengklaim akan mengedepankan langkah-langkah yang berdampak pada jangka panjang.

Baca Juga: Jokowi: Putin Setuju Buka Jalur Ekspor Gandum Ukraina

2. Zelenskyy juga mencoba untuk meningkatkan relasi dengan negara-negara Amerika Latin

https://www.youtube.com/embed/H-xroqW24xA

Presiden Zelenskyy juga akan mencoba meningkatkan hubungan dengan beberapa negara Amerika Latin.

"Kami meningkatkan hubungan kebijakan luar negeri Ukraina dengan Amerika Latin. Saya mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Argentina dan Chile," katanya dilansir Ukrinform

Zelenskyy juga menegaskan tak akan mundur untuk membawa Ukraina bergabung Uni Eropa.

"Terlepas dari perang, terlepas dari semua ancaman, kami tidak menghentikan gerakan kami menuju Uni Eropa. Hari ini di Verkhovna Rada, saya menandatangani pernyataan tentang integrasi Eropa bersama dengan Ketua dan Perdana Menteri kita," kata Zelenskyy.

"Kami telah menetapkan dengan dokumen ini, bahwa kami mulai beralih dari status kandidat ke keanggotaan penuh," tambahnya.

Zelenskyy juga menyatakan optimisme bahwa Ukraina bisa bergabung Uni Eropa secepatnya.

3. Peran Aliansi United 24 terhadap Ukraina nantinya

Eks Sekjen NATO dan Ukraina Bentuk Aliansi United 24, Apa Itu?Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (twitter.com/ZelenskyyUa)

Nantinya, Aliansi United 24 akan membantu keamanan Ukraina dalam berbagai aspek.

"Format U24 (United 24) adalah semacam layanan penyelamatan untuk negara-negara. Sebuah aliansi negara yang bertanggung jawab, yang memberikan bantuan khusus dalam waktu 24 jam, militer, teknis, ekonomi, politik, kemanusiaan," kata Kepala Staf Presiden Ukraina, Andriy Yermak, dilansir laman resmi pemerintah. 

Aliansi U24 terdiri dari sejumlah tokoh-tokoh ternama, antara lain: mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd, mantan Wakil Menteri Pertahanan AS Michèle Flournoy, mantan Perdana Menteri Swedia dan mantan Menteri Luar Negeri Swedia Carl Bildt, mantan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, mantan Menteri Federal untuk Lingkungan, Konservasi Alam dan Keamanan Nuklir Jerman Norbert Röttgen.

Ada juga beberapa anggota lainnya seperti mantan Menteri Luar Negeri Polandia dan Anggota Parlemen Eropa Anna Fotyga, direktur Program Eropa yang Lebih Luas ECFR, diplomat Prancis Marie Dumoulin, Presiden Institut Italia untuk Studi Politik Internasional sekaligus diplomat Giampiero Massolo.

Direktur Pusat Studi Timur (OSW) Polandia Adam Eberhardt, pakar politik Roxana Cristescu, Ketua Komite Verkhovna Rada untuk Kebijakan Hukum Andriy Kostin juga turut serta membentuk Aliansi U24.

Para anggota ini dikabarkan bukan representasi dari pemerintah masing-masing maupun lembaga tempat mereka bekerja, kata Kantor Staf Presiden Ukraina. 

Baca Juga: Serangan Rusia di Apartemen Warga Sipil Ukraina Menewaskan 18 Orang

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya