Kebakaran Besar di Kilang Rusia Berpotensi Hambat Pasokan Minyak

Pipa Transneft-Druzhba salah satu jaringan terbesar dunia

Jakarta, IDN Times - Kebakaran besar dilaporkan terjadi di di kota Bryansk Rusia pada Senin (25/04/2022) pagi waktu setempat. Terdapat dua ledakan dan kebakaran di jalur pipa perusahaan Transneft-Druzhba. 

Perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan ekspor minyak yang dikelola negara Rusia yang menjalankan salah satu jaringan pipa minyak terpanjang di dunia, yaitu dari Rusia ke Eropa.

Bryansk merupakan salah satu pusat administrasi yang berjarak 154 kilometer timur laut  dari perbatasan Ukraina. 

Baca Juga: Rudal Rusia Hantam Pipa Gas dan Kilang Minyak Ukraina

1. Berpotensi hambat pasokan minyak Rusia

Layanan darurat mengirim kru pemadam kebakaran dan penyelamat ke lokasi pada pukul 02:00 waktu Moskow. Tak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut menurut laporan The Moscow Times.

Suasana di Bryansk pada pagi hari diketahui menunjukkan asap tebal dan kru darurat masih tiba di lokasi setelah matahari terbit. Layanan darurat mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti bahwa situs lain yang menolak untuk disebutkan namanya juga telah dilalap api.

Belum diketahui secara pasti kerugian yang dialami oleh perusahaan yang bersangkutan dan Pemerintah Rusia. Namun, terdapat potensi pasokan minyak dari Rusia terhambat. 

2. Kebakaran juga melanda pangkalan militer

Namun, seorang veteran Ukraina yang bernama Michael MacKay mengatakan kebakaran lainnya yang dimaksud terjadi di sebuah pangkalan militer. 

Wilayah Bryansk termasuk di antara beberapa wilayah perbatasan yang menyatakan peningkatan tingkat ancaman "teror" bulan ini. Hal tersebut tak lepas dari situasi perang antara Ukraina dan Rusia. 

Tidak ada indikasi bahwa serangan tersebut berkaitan dengan perang di Ukraina mengingat belum ada pernyataan resmi dari pejabat Rusia. Sebelumnya, pejabat Rusia mengatakan pekan lalu bahwa helikopter Ukraina menabrak bangunan tempat tinggal dan melukai tujuh orang di daerah Bryansk. 

Wilayah Bryansk termasuk di antara beberapa wilayah perbatasan yang mengalami peningkatan tingkat ancaman "teror" pada April. Walau begitu, OSINT Defender mengatakan bahwa beberapa sumber dari Rusia berpikir kebakaran tersebut diakibatkan oleh misil Ukraina. 

Jika kebakaran ini diakibarkan oleh misil Ukraina, hal ini akan meningkatkan tensi kedua negara. Peluang untuk mengadakan gencatan senjata pun akan sulit dilakukan dalam waktu dekat ini. 

Baca Juga: Fasilitas Penelitian Militer Rusia Terbakar, Banyak Ahli Misil Tewas

3. Kilang minyak Transneft-Druzhba merupakan objek vital milik Rusia

Pipa minyak Transneft-Druzhba merupakan terpanjang di dunia dan salah satu jaringan pipa minyak terbesar di dunia. Panjang kilang minyak tersebut mencapai sekitar 4.000 kilometer.

Panjang kilang tersebut membentang dari bagian timur Rusia menuju beberapa wilayah di Eropa seperti Ukraina, Belarusia, Polandia, Hongaria, Slovakia, Republik Ceko, Austria dan Jerman, dilansir Foreign Policy

Jaringan ini juga bercabang ke banyak jalur pipa untuk mengirimkan produknya ke seluruh Eropa Timur dan sekitarnya. Tak heran jika objek ini merupakan salah satu yang paling vital di Rusia. 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya