Comscore Tracker

Menlu Turki: Kami Dukung Palestina, Tapi Mau Bersahabat dengan Israel

Turki tegaskan posisinya di antara Israel dan Palestina

Jakarta, IDN Times - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menjamu Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, pada Selasa (24/05/2022) malam waktu Ramallah. Kunjungan tersebut merupakan momen yang jarang terjadi antara kedua belah pihak.

Kunjungan Cavusoglu adalah yang pertama oleh seorang menteri luar negeri Turki dalam 15 tahun terakhir. Apalagi, terdapat dorongan dari Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk memperbaiki hubungan dengan Israel.

1. Pemerintah Turki tegaskan posisinya di antara Israel dan Palestina

Dalam pertemuan tersebut, Cavusoglu menekankan bahwa hubungan Turki dengan Israel tidak akan memengaruhi posisinya terhadap perjuangan Palestina. Turki berusaha untuk menegaskan posisinya di antara Israel dan Palestina. 

“Koordinasi kami dengan pihak Palestina adalah masalah yang terpisah dari hubungan kami dengan (Israel). Kebijakan kami terhadap Palestina tidak akan berubah,” kata Cavusoglu, dilansit The Times of Israel

Cavusoglu melakukan perjalanan langsung ke Ramallah setelah mendarat untuk memimpin komite bersama tentang hubungan bilateral dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki. Rencananya Pemerintah Turki akan memberikan lebih banyak beasiswa pendidikan di Turki. 

Baca Juga: Israel-Palestina Bentrok Lagi di Nablus, 41 Orang Terluka

2. Turki mulai terbuka dengan Israel dalam hal diplomasi

Menlu Turki: Kami Dukung Palestina, Tapi Mau Bersahabat dengan IsraelPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan (ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas)

Turki dan Israel telah menjalani pemulihan hubungan dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan, Presiden Israel Isaac Herzog mengunjungi Turki pada Maret 2022 dan bertemu langsung dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Palestina tampaknya tak senang dengan sikap Turki dan negara-negara lainnya yang mulai dekat dengan Israel.

"Saya tidak percaya bahwa hubungan Turki-Israel akan berdampak negatif (kepada Palestina). Justru sebaliknya: posisi Turki dalam mendukung Palestina akan berdampak positif,” kata diplomat senior Turki, Ahmad al-Deek.

3. Menlu Turki juga kunjungi Israel setelah pertemuan dengan Pemerintah Palestina

Menlu Turki: Kami Dukung Palestina, Tapi Mau Bersahabat dengan Israelbendera negara Israel (freepik.com/www.slon.pics)

Pada Rabu (25/05/2022), Cavusoglu dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid. Cavusoglu kemudian akan makan siang dengan Menteri Pariwisata Yoel Razvozov, kemudian menuju ke Kota Tua Yerusalem untuk tur pribadi dan kunjungan ke Temple Mount.

Cavusoglu juga dijadwalkan mengunjungi Masjid Al Aqsa tanpa ditemani oleh ototitas Israel, dilansir The National.

Presiden Turki Erdogan bulan lalu mengecam 'intervensi' Israel terhadap jamaah Muslim di kompleks Masjid Al Aqsa. Polisi Israel menembakkan peluru karet dan memukuli warga Palestina dengan pentungan di Al Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam. Hal tersebut juga memicu berbagai kecaman dari sebagian negara lainnya. 

Baca Juga: Sadis! Remaja Palestina Tewas Ditembaki 12 Peluru oleh Pasukan Israel

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya