Pelaku Penembakan di Memphis AS Berhasil Ditangkap

Empat orang tewas dan tiga korban lainnya terluka

Jakarta, IDN Times - Seorang pria yang melakukan penembakan di sekitar Memphis Amerika Serikat (AS) hingga membunuh empat orang, telah ditangkap menurut kepolisian setempat pada Kamis (8/9/2022). Penembakan tersebut disiarkan langsung oleh pelaku melalui Facebook. 

Juru bicara polisi Memphis, Karen Rudolph, mengatakan tersangka itu bernama Yehezkiel Kelly. Pria berusia 19 tahun itu telah ditahan di Whitehaven.

Baca Juga: Penembakan Terjadi Lagi di AS, 3 Orang Tewas di Iowa 

1. Yehezkiel Kelly baru saja keluar dari penjara pada Maret 2022 lalu

Ezekiel Kelly telah menyiarkan langsung pembunuhan yang dilakukannya melalui Home of the Blues di Facebook. Saat melakukan peristiwa memilukan tersebut, dia engenakan T-shirt putih dan celana pendek panjang dengan sepatu keds putih.

Setidaknya belasan petugas dikerahkan untuk mengamankan Ezekiel Kelly.  Catatan pengadilan secara daring menunjukkan bahwa Kelly pernah didakwa atas tuduhan pembunuhan pada Februari 2020.

Dia sebelumnya didakwa sebagai remaja dengan pembunuhan tingkat pertama, penyerangan, menggunakan senjata untuk kejahatan atas  pembunuhan pada 3 Februari 2020 lalu. Dia dijatuhi hukuman tiga tahun, tetapi dibebaskan pada 16 Maret 2022 ini, Commercial Appeal melaporkan, dilansir Daily Mail

Baca Juga: Kronologi Penembakan Brutal di Afrika Selatan yang Tewaskan 19 Orang

2. Ada empat korban yang dinyatakan tewas dan tiga korban lainnya luka-luka

Pelaku Penembakan di Memphis AS Berhasil DitangkapIlustrasi penembakan (IDN Times/Sukma Shakti)

Penembakan itu dilakukan tersangka yang mengemudi di sekitar Memphis. Kerusuhan dimulai pada pukul 12.56 pagi Rabu (8/9/2022) dan berlanjut hingga sekitar pukul 20.30 malam waktu setempat. Akibat penyerangan itu, empat orang tewas dan tiga lainnya cedera.

"Setidaknya ada tujuh penembakan di Memphis," kata Direktur Polisi Cerelyn "CJ" Davis dalam konferensi pers Kamis (9/8/2022) pagi waktu setempat.

Tersangka juga telah melakukan pembajakan mobil di Southaven, kata Davis. Polisi mengatakan penembak merekam tindakannya di Facebook saat meneror kota, layanan bus umum, dan stadion di pusat kota.

Para penduduk setempat dihimbau agar tidak panik dan saling berkabar satu sama lain. 

Baca Juga: Penembakan Massal di Pawai Kemerdekaan AS, 6 Orang Tewas

3. Beberapa serangan terjadi di Kota Memphis dalam beberapa waktu terakhir

Daerah di mana Kelly ditangkap berada di sekitar 18 kilometer dari University of Memphis. Polisi di Southaven, Mississippi, yang terletak di selatan Memphis tepat di luar garis negara bagian, mengatakan Kelly mencuri mobil di sebuah pompa bensin di sana sebelum dia ditangkap kembali di Memphis.

"Jika kalian tidak harus keluar, tetap di dalam rumah sampai masalah ini teratasi," kata polisi Memphis di Twitter, sebelum penangkapan Kelly terjadi. Kota Memphis telah diguncang oleh beberapa pembunuhan tingkat tinggi dalam beberapa pekan terakhir. 

Sebelumnya, terjadi penembakan terhadap seorang pendeta saat mobilnya dibajak pada siang hari di jalan masuk rumahnya. Ada juga penembakan seorang aktivis saat berdebat tentang uang. Selain itu, seorang wanita yang diculik saat dia sedang dalam perjalanan menjelang shubuh. 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya