Comscore Tracker

PM Modi: India Akan Jadi Negara Maju 25 Tahun Mendatang

Modi dorong pemuda untuk buat India sebagai negara maju

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Narendra Modi, pada Senin (15/8/2022), mengatakan bahwa India akan menjadi negara maju dalam 25 tahun ke depan.

Ada beberapa fokus kebijakan untuk mendukung ambisi tersebut, seperti mendorong produk dalam negeri, pertahanan, dan teknologi digital.

Berbicara kepada rakyat India pada Hari Kemerdekaan ke-75, Modi mendesak warganya untuk fokus pada lima resolusi khusus. Modi juga mendesak rakyat untuk meningkatkan kebencian terhadap korupsi dan nepotisme demi India yang lebih maju. 

1. Modi ajak pemuda India ikut membangun bangsa

Modi berharap kaum muda dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan ambisi India sebagai negara maju. Modi mendesak kaum muda untuk memiliki tujuan besar dan memberikan tahun-tahun terbaik mereka kepada negara. 

Modi juga sangat optimis akan ambisi India, yang nantinya berhasil atau tidaknya akan bergantung pada pemuda India.

"Saya mendesak para pemuda untuk mendedikasikan 25 tahun ke depan hidup mereka untuk pembangunan bangsa. Kita akan bekerja untuk pembangunan seluruh umat manusia. Itulah kekuatan India," kata Modi, dilansir The Times of India.

“Kita harus mengubah India menjadi negara maju dalam 25 tahun ke depan, dalam hidup kita. Ini adalah resolusi besar, dan kita harus bekerja ke arah itu dengan sekuat tenaga," tambahnya. 

Baca Juga: India Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Cacar Monyet

2. India masih berada di negara dengan ekonomi menengah ke bawah

Bank Dunia saat ini mengkategorikan India sebagai negara dengan ekonomi menengah ke bawah. Negara yang masuk kategori ini merupakan  negara-negara dengan pendapatan nasional bruto per kapita antara 1.086 dolar AS dan 4.255 dolar AS.

Sedangkan, negara berpenghasilan tinggi seperti Amerika Serikat, Jerman, atau Inggris, memiliki pendapatan per kapita sebesar 13.205 dolar AS atau lebih. India merupakan ekonomi terbesar keenam di dunia dan diperkirakan akan tumbuh lebih dari 7 persen pada 2022.

India merupakan salah satu negara di Asia yang dapat dikategorikan memiliki teknologi digital paling maju bersama Jepang, China, dan Korea Selatan.

Banyak ahli mengatakan, ekonomi India dapat berkembang menjadi yang terbesar ketiga di dunia pada 2050 setelah AS dan China, meskipun pendapatan per kapita saat ini sekitar 2.100 dolar AS, dilansir Al Arabiya News.

3. Janji-janji PM Modi dalam pidato kemerdekaan

PM Modi: India Akan Jadi Negara Maju 25 Tahun MendatangPerdana Menteri India Narendra Modi (twitter.com/narendramodi)

Setidaknya ada lima janji utama yang disampaikan PM Modi dalam pidato kemerdekaannya. Janji pertamanya adalah bekerja untuk membuat India maju.

Janji kedua adalah untuk menyingkirkan rasa perbudakan kuno. Menurutnya, janji ini harus diperlakukan sebagai sumber kehidupan semua orang.

Janji ketiganya adalah bangga dengan warisan negara India.

Modi juga berjanji untuk menunjukkan kesatuan yang utuh dalam warga negara.

Adapun janji terakhirnya adalah menjalankan tanggung jawabnya sebagai warga negara.

Modi juga menekankan pentingnya aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Dia mengatakan, masyarakat yang aspiratif adalah harta bagi negara mana pun dan orang India dari setiap sudut, bagian, dan kelas memiliki ambisi yang berkembang pesat.

Baca Juga: Narendra Modi Disebut Ekstremis, Muslim India Terancam Genosida

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya