Recep Tayyip Erdogan Resmi Menangkan Pemilihan Presiden Turki 2023

Erdogan berjanji akan menangani inflasi di Turki

Jakarta, IDN Times - Recep Tayyip Erdoğan telah memperpanjang kekuasaannya dengan mengamankan kemenangan atas saingannya Kemal Kılıçdaroğlu. Pemilih Presiden Turki 2023 berlangsung ketat di mana putaran kedua belum pernah terjadi sebelumnya. 

Dengan 99,43 persen suara dihitung, otoritas pemilihan tertinggi Turki mengumumkan kemenangan Erdogan pada Minggu (28/5/2023) malam. Erdoğan telah memenangkan 52,14 persen suara. Sementara itu, Kılıçdaroğlu menerima 47,86 persen suara.

Baca Juga: Penghitungan Pemilu Turki, Erdogan Unggul Sementara

1. Erdogan sebut kemenangannya sebagai kemenangan demokrasi di Turki

Erdogan merayakan kemenangannya dengan berdiri di atas bis yang terbuka. “Lihat pemandangan ini. Ini luar biasa,” kata Kılıçdaroğlu.

“Kami telah menyelesaikan putaran kedua pemilihan presiden dengan dukungan bangsa kami," tambahnya. 

Dia juga menambahkan “Pemilu datang dan pergi, banjir hilang tetapi pasir tetap ada. Yang utama negara kita tidak menyimpang dari tujuannya, dan bangsa kita menjaga untuk tetap bersatu. Ini adalah pesan terbesar dari pemilu hari ini," dilansir The Guardian.

“Kami bukan satu-satunya yang menang, Turki telah menang. Demokrasi kita telah menang,” kata Erdogan kemudian kepada pendukungnya dari balkon istana kepresidenan.

Baca Juga: Peta Pilpres Turki usai Mundurnya Salah Satu Capres Pesaing Erdogan

2. Erdogan akan fokus dalam menangani permasalahan inflasi di Turki

Recep Tayyip Erdogan Resmi Menangkan Pemilihan Presiden Turki 2023potret kota Bursa Turki (planetware.com)

Hasil Pemilihan Presiden 2023 membuat sejarah karena memperpanjang masa jabatannya menjadi 20 tahun. Dia telah melampaui 15 tahun kepresidenan pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Dalam pidatonya, Erdogan menambahkan bahwa 85 juta warga negara itu adalah "pemenang" dari dua putaran pemungutan suara pada 14 Mei dan 28 Mei. Erdogan mengatakan akan fokus terhadap permasalahan inflasi.

Data resmi menunjukkan bahwa inflasi di Turki mencapai 50,5 persen pada Maret 2023, turun dari level tertinggi 85,6 persen pada Oktober 2022 lalu. Erdogan juga tegas mengatakan tidak akan membiarkan kelompok LGBT untuk menang dalam pidatonya.

Baca Juga: Erdogan Klaim Pasukannya Bunuh Pemimpin ISIS di Suriah 

3. Kılıçdaroğlu sempat diunggulkan dalam Pemilu Turki 2023

Recep Tayyip Erdogan Resmi Menangkan Pemilihan Presiden Turki 2023Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Erdogan berulang kali menyebut kelompok Kılıçdaroğlu didukung oleh "teroris". Hal tersebut tak lepas dari dukungan yang ditawarkan oleh partai utama pro-Kurdi.

Sementara itu, Kilicdaroglu mengakhiri kampanye dengan menyebut Erdogan sebagai "pengecut". Kampanye Kılıçdaroğlu kerap mengambil nada yang semakin nasionalis, dengan berjanji untuk memaksa warga Suriah dan populasi pengungsi lainnya pergi dari Turki.

Kılıçdaroğlu dan koalisi oposisinya juga berkampanye dengan janji mengembalikan Turki ke demokrasi parlementer. Popularitasnya kian melejit sejak itu dan bahkan survei-survei beberapa media di Turki menyebut Erdogan akan mengalami kekalahan.

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya