Tekan Balapan Liar, Malaysia Akan Bangun Sirkuit di Semua Wilayah

Malaysia berkomitmen fasilitasi para pegiat motor

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Malaysia berencana membangun sirkuit balap di semua negara bagian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan olahraga motor di sana. 

Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob, mengatakan pada Sabtu (13/08/2022) bahwa proposal itu akan dimasukkan dalam perencanaan anggaran tahun 2023. Anggaran tersebut akan diajukan pada Oktober 2022. 

1. Pembangunan sirkuit balap diharapkan dapat fasilitasi anak muda yang suka olahraga motor

Pemerintah Malaysia diketahui sudah membangun dua sirkuit balap di dua negara bagian.

“Sejauh ini sudah dibangun dua sirkuit drag, di Terengganu dan Melaka,” kata PM Ismail, saat membuka Program 2022 RXZ Members 4.0 di Terengganu International Drag Strip di Gong Badak pada Sabtu (13/08/2022), dilansir The Star.

PM Ismail meyakini, fasilitas yang ada akan memberikan kesempatan kepada pemuda setempat untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga motor melalui jalur yang tepat. Permasalahan balapan liar memang menjadi perhatian serius di Malaysia. 

Pada April 2022 lalu, tiga orang tewas akibat balapan liar di Johor. Dua pelaku balap liar yang terlibat dalam insiden tersebut sudah ditangkap. 

Baca Juga: Pemulangan PMI dari Malaysia Masih Lanjut, 193 Orang Tiba di Tanah Air

2. Pemerintah Malaysia berjanji akan selalu mendukung klub-klub otomotif

Tekan Balapan Liar, Malaysia Akan Bangun Sirkuit di Semua WilayahIsmail Sabri Yakoob, Perdana Menteri Malaysia. (ANTARA FOTO/Reuters)

PM Ismail Sabri juga mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan MyFit@Motorsports 2022 yang merupakan program pengembangan otomotif yang melibatkan pengembangan olahraga sepeda motor dan mobil. Program ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia. 

Melalui program tersebut, para pemuda Malaysia dapat memperoleh pengetahuan melalui pelatihan, kursus, dan klinik khusus.

PM Ismail menambahkan, program ini juga membantu pencarian bakat baru untuk berpartisipasi dalam turnamen motor dan balap di tingkat negara bagian dan nasional.

Pemerintah Malaysia akan selalu mendukung kegiatan klub-klub otomotif, terutama dalam membantu membantu mereka yang terkena musibah, seperti korban banjir. Dalam mewujudkan janji ini, pastinya dibutuhkan anggaran yang sangat besar dalam jangka panjang.

3. Pemerintah Malaysia akan beri bantuan pendanaan bagi para pegiat olahraga motor

Tekan Balapan Liar, Malaysia Akan Bangun Sirkuit di Semua Wilayahpotret sebuah kompetisi balap motor (pixabay.com/jingoba)

Dengan adanya rencana pembangunan sirkuit ini, pemerintah Malaysia diharapkan dapat memfasilitasi para pegiat olahraga motor. Bahkan, pemerintah akan memberikan sponsor bagi para talentanya.

“Mungkin kita bisa mengadakan (kumpulan pengendara) setiap tahun dan pemerintah bisa memberikan sponsor," kata PM Ismail, dilansir Free Malaysia Today.

Pembangunan sirkuit balap juga diharapkan dapat mengurangi persepsi negatif terhadap para pecinta olahraga motor. 

”Dengan cara ini, kita bisa menonjolkan minat para pemuda. Dalam prosesnya, kami juga akan membantu mengurangi persepsi negatif sebagian orang terhadap pengendara ini,” tambah Ismail.

Baca Juga: Mantan TKW di Lubuk Linggau Edarkan Sabu Asal Malaysia

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya