Comscore Tracker

Terpilih Lagi, 5 Fakta Ketua DPR AS Nancy Pelosi

Selamat bertugas kembali Nancy Pelosi!

Nancy Pelosi secara resmi kembali terpilih menjadi Ketua DPR AS pada Minggu, 3 Januari 2021. Politisi yang berasal dari Partai Demokrat ini berhasil memperoleh 216 suara. Dia berhasil mengalahkan pesaingnya dari Partai Republik, Kevin McCarthy, yang memperoleh 209 suara.

Perempuan yang lahir pada 26 Maret 1940 ini pastinya mempunyai berbagai fakta menarik dibalik kesuksesannya tersebut. Berikut 5 fakta menarik Nancy Pelosi yang wajib kamu ketahui.

1. Pelosi berasal dari keluarga politisi

Terpilih Lagi, 5 Fakta Ketua DPR AS Nancy Pelosibaltimoresun.com

Nancy Pelosi lahir di University of Maryland St. Joseph Medical Center yang ada di kota Baltimore, Maryland. Dia merupakan satu-satunya anak perempuan dari tujuh bersaudara dari pasangan  Thomas D'Alesandro Jr. dan Annunciata M. 'Nancy' D'Alesandr. Orang tuanya sendiri mempunyai keturunan Italia.

Ayahnya, Thomas, merupakan walikota Baltimore pada 1947-1949. Dia juga merupakan anggota DPR perwakilan negara bagian Maryland pada tahun 1939-1947. Saudara perempuan Nancy,  Thomas D'Alesandro III, juga merupakan walikota Baltimore pada tahun 1967-1971. 

2. Sejak remaja sudah tertarik di dunia politik

Terpilih Lagi, 5 Fakta Ketua DPR AS Nancy Pelosibusinessinsider.com

Mempunyai orang tua yang berlatar belakang politikus membuat Nancy Pelosi sudah aktif terjun di dunia politik sejak kecil. Dia kerap membantu ayahnya di berbagai acara kampanye, baik sebagai walikota atau anggota DPR. 

Dilansir The Baltimore Sun, Pelosi mengatakan politik merupakan satu-satunya yang dia ketahui saat tumbuh remaja dan politik akan menjadi sesuatu yang sangat menarik baginya. Bahkan, pada saat dia SMA, dia pernah berbicang langsung dengan John F. Kennedy untuk membicarakan buka Kennedy yang saat itu sedang populer.

Baca Juga: Nancy Pelosi Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR Amerika Serikat

3. Menikah dengan teman kuliahnya, Paul Pelosi

Terpilih Lagi, 5 Fakta Ketua DPR AS Nancy Pelosipandagossips.com

Nancy Pelosi merupakan lulusan ilmu politik dari Trinity Washington University pada tahun 1962. Dia kampus tersebut, dia bertemu dengan suaminya saat ini, yaitu Paul Francis Pelosi. Setelah menikah, keduanya memutuskan untuk pindah ke San Francisco.

Mereka dikaruniai 5 orang anak, yaitu Nancy Corinne, Christine, Jacqueline, Paul dan Alexandra. Paul Francis sendiri merupakan seorang pebisnis yang saat ini memiliki Financial Leasing Services, Inc. Perusahaan tersebut bergerak di bidang konsultan, investasi, dan real estate

4. Awal karier Nancy Pelosi

Terpilih Lagi, 5 Fakta Ketua DPR AS Nancy Pelosiinstagram.com/speakerpelosi

Menjadi ibu bagi 5 orang anak pastinya bukan merupakan suatu hal yang mudah. Setelah pindah ke San Francisco, Pelosi berteman dengan salah satu anggota DPR ternama dari Partai Demokrat, yaitu  Phillip Burton. Pelosi mulai perlahan-lahan memasuki dunia politik dengan menjadi volunteer Partai Demokrat. 

Pada tahun 1976, dia terpilih menjadi anggota Democratic National Committee dari California. Sejak itu, karier politiknya mulai cemerlang seperti terpilihnya dirinya menjadi ketua partai Demokrat cabang Northern California pada 1977 dan kepala keuangan Democratic Senatorial Campaign Committee pada 1985.

5. Perempuan pertama dalam sejarah AS yang menjabat Ketua DPR

Terpilih Lagi, 5 Fakta Ketua DPR AS Nancy Pelosiinstagram.com/speakerpelosi

Pada 4 Januari 2007, John Boehner menyerahkan kursi ketua DPR kepada Nancy Pelosi, yang merupakan perwakilan Partai Demokrat dari California. Hal ini membuat Nancy Pelosi memecahkan catatan sejarah sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai kedua DPR. Pada tahun 2011, posisinya digantikan oleh John Boehner dari Partai Republik.

Pada tahun 2018, Nancy Pelosi juga terpilih lagi menjadi ketua DPR AS. Singkat cerita, pada 3 Januari 2021 lalu, untuk sekian kalinya, dia kembali lagi terpilih menjadi ketua DPR AS dengan mendapatkan kemenangan tipis, yaitu 216 suara. Sedangkan pesaingnya, Kevin McCarthy, memperoleh 209 suara.

Nah, itu dia 5 fakta dari Nancy Pelosi yang terpilih kembali menjadi Ketua DPR AS. Nancy Pelosi diyakini masih memiiki pekerjaan rumah yang cukup berat mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Terlepas dari hal tersebut, selamat mengemban amanah Nancy Pelosi!

Baca Juga: Nancy Pelosi Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR Amerika Serikat

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya