Comscore Tracker

Gak Cuma Jakarta, 4 Kota Besar di Dunia ini Pernah Mengalami Blackout

Ada yang mati listrik hingga 2 minggu, gimana rasanya?

Weekend kemarin sebagian besar warga Jakarta dan sekitarnya seperti mengalamai kehidupan di zaman purba di mana hidup tanpa listrik, handphone, dan perangkat listrik lainnya. Jakarta mengalami blackout dan dalam rentang waktu yang cukup lama. 

Nah, selain Jakarta yang mengalami blackout kemarin, beberapa kota besar di dunia ini juga pernah mengalami blackout. 

1. New York

Gak Cuma Jakarta, 4 Kota Besar di Dunia ini Pernah Mengalami Blackoutamp.theatlantic.com

Dilansir dari amp.theantlantic.com, blackout di kota New York terjadi karena pada 13 Juli 2019 yang disebabkan trafo utama di kota tersebut meledak dan terbakar. Dampaknya adalah listrik padam di bagian barat pulau Manhattan. Kejadian tersebut dimulai dari pukul 18.47 waktu setempat.

Pemadaman listrik menyebabkan papan iklan Times Square gelap, pertunjukan broadway dibatalkan dan melumpuhkan beberapa jalur kereta bawah tanah. Peristiwa tersebut bukanlah kali pertama yang terjadi di kota dengan julukan The Big Apple itu, jauh sebelumnya pada 1977 dan 2003 peristiwa yang sama menimpa kota New York.

2. India

Gak Cuma Jakarta, 4 Kota Besar di Dunia ini Pernah Mengalami Blackoutdnaindia.com

Dilansir dari The Guardian.com, pemadaman listrik di beberapa kota di India merupakan pemadaman listrik terbesar sepanjang sejarah karena mempengaruhi 710 juta warga kota tersebut. Blackout di India menyebabkan operasi bedah di kota terdampak dibatalkan dan jenazah saat proses kremasi dalam kondisi setengah terbakar karena alat krematorium listrik mati, bahkan kurang lebih 200 pekerja tambang di Benggala terjebak di lokasi tambang dengan kedalaman 700 meter karena lift mati.

Blackout di India terjadi pada 30 Juli 2012 silam. Menteri energi India, Sushil Kumar Shinde, menuding sejumlah negara bagian yang mengambil kuota listrik lebih dari batas nasional sebagai penyebab utama padamnya listrik tersebut.

Baca Juga: Jakarta Mati Lampu, Ini Cara Menyelamatkan Stok ASI di Freezer

3. Brazil

Gak Cuma Jakarta, 4 Kota Besar di Dunia ini Pernah Mengalami Blackoutcontent.time.com

Blackout yang terjadi di Brazil ini disebabkan oleh hacker. Akibat ulah hacker ini, Brazil mengalami blackout di 18 negara bagian. Lampu lalu lintas yang tidak berfungsi menyebabkan kemacetan parah, orang-orang terjebak di lift, pasokan air terganggu di beberapa daerah dan menimbulkan rasa takut dan kecemasan karena Brazil merupakan negara dengan tingkat kriminalitas yang tinggi.

4. China

Gak Cuma Jakarta, 4 Kota Besar di Dunia ini Pernah Mengalami Blackoutwired.com

Pemadaman listrik di Kota Chenzhou Cina terjadi hampir 2 minggu, yaitu tepatnya 12 hari. Warga di kota tersebut mengungsi ke hotel semenjak blackout terjadi. Kondisi semakin parah karena terjadi saat terjadi badai salju, banyak orang yang harus mengantri panjang dalam suhu dingin dan kelelahan hanya untuk mendapatkan air bersih dan bensin.

Kondisi memprihatinkan terjadi karena dampak blackout, sulitnya pasokan air bersih membuat beberapa wanita di kota tersebut mencuci pakaian di trotoar jalan menggunakan air hidran. Bahkan ada agen perjalanan di Chenzhou yang mengaku tidak mandi selama 10 hari. Estimasi kerugian yang ditimbulkan dari peristiwa ini adalah sebesar $7,5 miliar.

 

Itulah tadi beberapa kota besar di berbagai belahan dunia yang pernah mengalami musibah blackout. Seperti yang dialami oleh DKI Jakarta dan sekitarnya, padamnya listrik berdampak lumpuhnya aktivitas warga dan menimbulkan banyak kerugian. Semoga kejadian ini tidak terjadi lagi ya!

Baca Juga: 8 Langkah Antisipasi Mati Listrik dalam Waktu Lama

Ary Yulianto Photo Writer Ary Yulianto

Penikmat Kopi Yang Berpaling ke Green Tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya