Comscore Tracker

Biden Ogah Ikut Debat Putaran Kedua Jika Trump Masih Positif COVID-19

Putaran kedua debat Capres AS akan digelar 15 Oktober

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, menyatakan tidak akan mengikuti Debat Calon Presiden putaran kedua yang akan digelar 15 Oktober mendatang di Miami, Florida, jika Donald Trump masih terinfeksi COVID-19.

"Kalau dia masih mengidap COVID, kita jangan melakukan debat," katanya seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (7/10/2020).

1. Biden dinyatakan negatif COVID-19

Biden Ogah Ikut Debat Putaran Kedua Jika Trump Masih Positif COVID-19Calon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Biden sempat melakukan kontak erat dengan Trump saat debat pertama di Cleveland, Septmber lalu. Namun ia telah melakukan pemeriksaan swab dan dipastikan negatif dari COVID-19.

Kemudian, Biden kembali melalukan swab pada Selasa (6/10/2020), hasil pemeriksaan kembali menyatakan Biden negatif dari virus corona.

Baca Juga: Presiden Trump Tinggalkan Rumah Sakit, Lepaskan Masker di Gedung Putih

2. Trump mengabarkan dirinya positif COVID-19

Biden Ogah Ikut Debat Putaran Kedua Jika Trump Masih Positif COVID-19Presiden Amerika Serikat Donald Trump bekerja di Kamar Kepresidenan sambil menerima perawatan setelah di tes positif penyakit virus korona (COVID-19) di Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat, Sabtu (3/10/2020) (ANTARA FOTO/Joyce N. Boghosia/The White House/Handout via REUTERS)

Trump mengabarkan bahwa dirinya terpapar COVID-19 melalui akun Twitternya. Trump juga mengatakan Melania Trump, istrinya, juga positif COVID-19.

“Kami segera memulai masa karantina dan proses pemulihan. Kami akan melaluinya bersama,” demikian cuit Trump di akun @realDonaldTrump menjelang tengah malam di AS (2/10/2020).

Sebelumnya, orang dekat Trump, Hope Hicks dinyatakan positif COVID-19. Dia melakukan perjalanan dengan Trump dalam sepekan terakhir.

3. Trump keluar rumah sakit

Biden Ogah Ikut Debat Putaran Kedua Jika Trump Masih Positif COVID-19Donald Trump (ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump lewat unggahannya di Twitter, Senin waktu setempat (5/10/2020), mengatakan telah membaik dan keluar dari rumah sakit pada sore hari.

Sebelumnya dia dirawat di Walter Reed National Military Medical Center, rumah sakit militer di Bethesda, Maryland.

Mengutip kantor berita ANTARA, Tim dokter memutuskan menggunakan obat steroid, dexmethasone, untuk Trump. Obat itu umumnya diberikan ke pasien dengan gejala penyakit parah.

Baca Juga: Kondisi Trump Membaik, Jadi Berkah untuk IHSG Selasa Pagi

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya