Alan Turing akan Muncul di Pecahan Baru Uang 50 Pound Sterling Inggris

Pahlawan yang mempersingkat perang dunia II

Manchester, IDN Times - Matematikawan Alan Turing adalah orang yang membantu pasukan sekutu memecahkan kode Nazi untuk memenangkan Perang Dunia II tapi kemudian dia bunuh diri setelah dinyatakan bersalah atas kasus penyimpangan seksual. Gambar Turing akan muncul pada cetakan uang pecahan 50 Pound Sterling yang baru, menurut keterangan Bank Inggris pada Senin (15/7) seperti yang dilaporkan Reuters.

1. Bapak ilmu komputer yang membantu kemenangan sekutu pada perang dunia II

Alan Turing akan Muncul di Pecahan Baru Uang 50 Pound Sterling Inggrissentinelcolorado.com

"Sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan, bahkan pahlawan, sumbangsih Alan Turing begitu tidak terkira," ujar Gubernur Bank Inggris Mark Carney, selaku pengambil keputusan akhir pada pemilihan tokoh.

"Turing adalah seorang raksasa di mana bahunya menjadi sandaran banyak hal yang menjadi luar biasa sekarang ini."

Mesin elektro mekanik buatan Turing, cikal bakal komputer modern, berhasil mengurai kode Enigma yang digunakan Jerman Nazi dan membantu memberi keuntungan pasukan sekutu dalam pertempuran laut untuk menguasai Atlantik.

2. Pahlawan yang dinyatakan bersalah atas kasus penyimpangan seksual

Alan Turing akan Muncul di Pecahan Baru Uang 50 Pound Sterling Inggrisbl.uk

Turing kerja di Bletchley Park, pusat pemecahan kode selama perang di Inggris, yang kini diakui telah membantu mempersingkat perang dan menyelamatkan ribuan nyawa.

Tapi dia dibebastugaskan dari pekerjaannya dan dikebiri secara kimiawi setelah dinyatakan bersalah pada 1952 atas tuduhan hubungan sesama jenis. Saat itu homoseksual masih ilegal di Inggris sampai 1967.

Turing bunuh diri pada 1954, pada usia 41, dengan sianida. Dia diberi pengampunan kerajaan oleh Ratu Elizabeth pada 2013 atas tuduhan kejahatan yang membuatnya bunuh diri.

Pegiat hak asasi manusia Peter Tatchell, mengampanyekan pengampunan untuk Turing dan mengkoordinir aktivis organisasi LGBT untuk memilih Turing pada nominasi awal tokoh yang tampil di pecahan uang baru. Tatchell mengatakan ini adalah terobosan jika seorang gay tampil pada pecahan mata uang Inggris untuk pertama kali.

"Ini adalah balas jasa untuk seseorang dengan pemikiran paling hebat dari abad 20," tambah Tatchell.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Al Khawarizmi, Ilmuwan Jenius Penemu Aljabar

3. Kisah Turing diangkat ke layar lebar dan aturan baru atas namanya diberlakukan

Alan Turing akan Muncul di Pecahan Baru Uang 50 Pound Sterling Inggrisdw.com

Sebuah film pada 2014, The Imitation Game yang dibintangi Benedict Cumberbatch sebagai Turing, memenangkan Oscar untuk kategori adaptasi naskah terbaik.

Pada 2017, di bawah undang-undang baru yang dikenal sebagai Turing's Law, Inggris memberikan pengampunan anumerta kepada ribuan laki-laki gay dan biseksual yang dinyatakan bersalah atas penyimpangan seksual sebelum undang-undang baru itu berlaku.

4. Gambar Turing dan karyanya akan tampil di uang pecahan 50 Pound Sterling

Alan Turing akan Muncul di Pecahan Baru Uang 50 Pound Sterling Inggrisbbc.co.uk

Dalam pecahan uang 50 Pound Sterling yang baru, selain gambar Turing, ditampilkan juga rumus matematika dari tulisan jurnal Turing yang terbit pada 1936, dan gambar rancangan mesin komputer awal yang digunakan untuk mengurai kode Enigma.

Lembaran pecahan uang baru itu juga menyertakan kalimat kutipan Turing tentang munculnya mesin intelegensia:

"This is only a foretaste of what is to come, and only the shadow of what is going to be."

Pecahan 50 Pound Sterling adalah nilai pecahan tertinggi yang diterbitkan oleh Bank Inggris dan jarang digunakan untuk transaksi sehari-hari. Pecahan baru ini diharapkan sudah beredar pada akhir 2021, menurut pernyataan Bank Inggris.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigma

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya