Comscore Tracker

CEO Instagram Mengakui Stories Menjiplak Snapchat

Systrom: Snapchat layak dapat pengakuan

Hal yang tidak pernah kamu dengar selama ini di Silicon Valley adalah pebisnis mengakui bahwa mereka mengopi dari seseorang. Namun, hal tersebut berakhir dengan sebuah fakta bahwa CEO Instagram, Kevin Systrom, akhirnya menyatakan hal mengejutkan. Kevin Systrom mengatakan bahwa Snapchat berhak mendapat pengakuan untuk fitur Instagram Stories yang baru.

Kevin Systrom menunjukkan pada pres cara mengoperasikan fitur baru di Instagram

CEO Instagram Mengakui Stories Menjiplak Snapchattechcrunch.com

Fitur baru di Instagram bernama Stories. Kevin Systrom dengan pembawaannya yang santai menunjukkan tahapan-tahapan menggunakan fitur baru ini. Produknya benar-benar persis seperti antar-muka Snapchat, sementara Systrom mengatakan bahwa pres mungkin akan merasa familiar dengan penggunaannya. Pres beranggapan bahwa itu bukan hanya familiar, tapi benar-benar sama persis. Systrom mengatakan bahwa dalam 6 hari terakhir, dia tidak mengunggah apapun di Instagram, inilah yang membuatnya berpikir untuk menambah fitur baru.

Baca Juga: Cuma Orang yang Buka Instagram Sehari 5x, Tahu Sama 12 Perasaan Ini

Alasan di balik keputusan Instagram menambah fitur Stories

CEO Instagram Mengakui Stories Menjiplak Snapchattechcrunch.com

Terlepas dari kehidupan glamor dari seorang CEO yang telah menjual startup-nya hingga miliaran dolar, momen kesehariannya sangat menarik untuk dipublikasikan lewat posting Instagram. Namun Instagram baginya hanya "sekedar" tempat permanen yang dibutuhkan untuk menunjukkan momen yang benar-benar spesial, khusus dan tertentu. Dia meneliti jika ada remaja yang mengunggah foto dan tidak mendapat likes yang cukup dalam beberapa menit pertama, maka remaja tersebut akan menghapusnya. Tentunya berbeda dengan keceriaan penggunaan Snapchat yang bisa mengabadikan semuanya dalam ukuran frame yang lebih besar juga. Ini menyebabkan banyak pengguna mulai beralih lebih sering mengabadikan momen menggunakan Snapchat daripada Instagram. Maka dibuatlah fitur stories di Instagram.

Kekhawatiran akan perubahan perilaku pengguna membuat Instagram tetap pada fungsi utamanya, namun hanya ibarat ditambah Snapchat.

CEO Instagram Mengakui Stories Menjiplak Snapchatthejomblo.com

Hal yang paling membuat Systrom khawatir adalah pada akhirnya nanti orang akan terbiasa dengan sistem mendokumentasikan momen ala video secara cepat. Jika sudah terbiasa akan mengarah pada kebosanan. Maka Systrom memutuskan untuk mempertahankan fungsi utama Instagram yaitu sebagai media yang dapat menampung foto pilihan terbaik, namun hanya ditambahkan fungsi snapchat. Hal ini harapannya dapat membawa kalangan pengguna baru karena Instagram ibarat menjadi aplikasi 2-in-1.

CEO Instagram Mengakui Stories Menjiplak Snapchattechcrunch.com

Selain alasan yang telah disebutkan, Systrom juga menyebutkan bahwa dengan adanya fitur Instagram yang asli dan ditambahi dengan Stories, akan membuat seseorang lebih merayakan hidupnya. Ia menganggap, ketika seseorang berusaha mengambil foto atau video yang bagus dari fenomena matahari terbenam, ia akan kurang menikmati momen keindahannya secara langsung. Namun dengan adanya stories, seseorang akan mendokumentasi kisahnya dalam suasana matahari terbenam itu juga. Pengguna Instagram bisa menikmati semuanya, Systrom percaya diri akan itu.

Baca Juga: Takkan Lama Lagi, Kamu Bisa Menyaring Isi Komentar di Foto Instagram-mu!

Topic:

Berita Terkini Lainnya