Comscore Tracker

Kabur, Narapidana Ini Kirim Kartu Pos dari Thailand ke Penjaranya

Ia adalah adik dari narapidana yang dijuluki Si Raja Kabur

Antwerp, IDN Times - Pengurus penjara Turnhout di Antwerp, Belgia, menerima sebuah kartu pos dengan pesan "Salam dari Thailand" pada Senin (20/1). Kartu pos tersebut dipercaya dikirimkan oleh Oalid Sekkaki, seorang narapidana yang kabur dari penjara tersebut pada pertengahan Desember lalu.

Sekkaki sendiri adalah satu dari lima narapidana yang kabur dalam waktu yang sama. Namun, tak semua bernasib sama. Seperti dilaporkan media Belgia, HLN, tiga dari mereka ditangkap pada malam hari setelah kabur, sementara yang keempat berhasil keluar dari Belgia, tapi diringkus oleh kepolisian Belanda pada Januari.

1. Kartu pos itu dikirimkan bersama dengan lencana narapidana Sekkaki

Kabur, Narapidana Ini Kirim Kartu Pos dari Thailand ke PenjaranyaIlustrasi sebuah tempat wisata alam di Thailand. unsplash.com/Jakob Owens

"Sebuah kartu pos darinya tiba di penjara," kata seorang petugas. "Ada surat yang ditujukan untuk tiga direktur penjara. Di dalam amplop juga berisi lencana narapidana miliknya dan sebuah kartu pos dengan [kata-kata] 'Salam dari Thailand'," tambahnya.

Awalnya, pihak penjara sempat ragu apakah benar Sekkaki yang mengirimkannya. Namun, setelah melihat lencana tersebut, mereka mempercayainya. Apalagi amplopnya juga diregistrasi oleh kantor pos.

2. Sejak kabur, Sekkaki tidak diketahui berada di mana

Kabur, Narapidana Ini Kirim Kartu Pos dari Thailand ke PenjaranyaIlustrasi Phi Phi Island di Thailand. unsplash.com/Evan Krause

Dikutip dari The Independent, pengurus penjara sendiri mengaku tak pernah mendengar lagi kabar soal Sekkaki sampai kartu pos itu datang. Tidak jelas apakah ia memang berada di Thailand atau kartu pos itu dikirimkan dengan cara lain untuk mengelabui kepolisian yang sedang mengejarnya.

"Saya bisa katakan manajemen lokal telah menerima korespondensi dengan Sekkaki sebagai pengirim," kata juru bicara penjara. "Semua informasi mengenai narapidana yang kabur itu dikirimkan ke kepolisian yang bertanggung jawab untuk melacaknya."

3. Sekkaki adalah saudara dari "Raja Kabur" yang terkenal di kalangan petugas penjara

Kabur, Narapidana Ini Kirim Kartu Pos dari Thailand ke PenjaranyaIlustrasi sebuah penjara. unsplash.com/Matthew Ansley

Menurut The Brussels Times, Sekkaki adalah adik dari "Raja Kabur" bernama Ashraf Sekkaki. Ia lari dari penjara Turnhout pada 2003 dan Bruges pada satu dekade lalu. Kaburnya pun tak main-main yaitu dengan menggunakan sebuah helikopter yang ia bajak. Ashraf sendiri kini mendekam di penjara Maroko.

Sedangkan Sekkaki dan keempat narapidana lainnya kabur pada 19 Desember lalu. Mereka berhasil lolos dengan memanjat dinding penjara, kemudian sampai di pelataran parkir. Sebuah mobil sudah menanti mereka di suatu jalan di dekat penjara.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek, 43 Narapidana Dapat Remisi Khusus

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

is capitalism any good?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya