Comscore Tracker

Video Tak Disertai Subtitel, Seorang Penyandang Tuli Tuntut Pornhub

Pornhub dituduh melanggar hak orang tuli untuk dapat hiburan

New York, IDN Times - Platform konten dewasa asal Kanada, Pornhub, dituntut oleh seorang tunarungu yang merasa didiskriminasi ketika berusaha mengakses situs tersebut. Seperti dilaporkan TMZ, laki-laki bernama Yaroslav Suris itu mengajukan gugatan class action sebab ia tak bisa sepenuhnya menikmati video-video Pornhub.

Berdasarkan dokumen gugatan, Suris mengatakan Pornhub kurang memperhatikan kebutuhan hiburan orang tuli karena tak ada teks (closed captions) dalam konten-konten mereka. Ia pun percaya ini adalah pelanggaran hak asasi manusia dan tidak sesuai dengan Undang-undang Penyandang Disabilitas Amerika Serikat.

1. Suris mengaku tak dapat mengerti dialog dalam video-video Pornhub

Video Tak Disertai Subtitel, Seorang Penyandang Tuli Tuntut PornhubModel Pornhub. instagram.com/pornhub

Suris menyebutkan pengalaman pribadinya ketika berusaha mengakses Pornhub, tapi terkendala oleh ketiadaan teks. Alhasil, ia tak bisa memahami banyak bagian dari video-video yang ditontonnya.

Suris mengaku menonton beberapa judul, tapi tak tahu para aktor dan aktrisnya berdialog apa. Ia pun mendaftar contoh-contoh judul yang ia saksikan di situs Pornhub seperti soal polisi dan saksi atau tante dengan keponakannya. 

2. Suris menilai ini bisa membuat orang malas berlangganan Pornhub

Video Tak Disertai Subtitel, Seorang Penyandang Tuli Tuntut PornhubModel Pornhub. instagram.com/pornhub

Suris juga mengaku dirinya sudah membayar untuk mendapatkan akses premium Pornhub. Ini dilakukan dengan asumsi bahwa konten-konten premium akan memiliki teks yang sangat ia butuhkan. Rupanya, kata Suris, ia salah mengira.

Menurutnya, para tunarungu yang mengalami hal serupa dengannya akan merasa malas untuk berlangganan jika tak ada jaminan bisa mendapatkan kepuasan maksimal seperti orang-orang pada umumnya. Dalam gugatannya, Suris akhirnya menuntut Pornhub memberikan ganti rugi.

Baca Juga: Kenali 10 Fakta Tuli di Indonesia Berikut Ini, Memperingati Hari ASL!

3. Pornhub mengatakan ada kategori khusus yang sesuai untuk kebutuhan Suris

Video Tak Disertai Subtitel, Seorang Penyandang Tuli Tuntut PornhubModel Pornhub. instagram.com/pornhub

Suris berharap agar Pornhub memiliki kebijakan inklusif dengan menyertakan teks agar memudahkan konsumen seperti dirinya. Vice President Pornhub, Corey Price, kemudian merespons gugatan Suris dengan memberikan pernyataan resmi lewat TMZ.

"Kami mengerti bahwa Yaroslav Suris sedang menggugat Pornhub dengan mengklaim kami tak memberi orang-orang tunarungu dan pemilik gangguan penderan akses ke video-video kami," kata Price. Ia menyebut ada kategori khusus yang pas untuk Suris.

"Sementara kami secara umum tak berkomentar tentang gugatan yang sedang berlangsung, kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk menegaskan bahwa kami punya sebuah kategori closed captions."

4. Suris mengaku belum mengecek kategori itu

Video Tak Disertai Subtitel, Seorang Penyandang Tuli Tuntut PornhubModel Pornhub sedang mempromosikan sweater bertema Natal. instagram.com/pornhub

Pornhub memang memiliki kategori itu. Hanya saja, jumlah kontennya sangat sedikit dibandingkan kategori-kategori lain. Beberapa video di kategori ini tidak menyertakan teks, terutama karena memang tidak ada dialog yang terjadi antara para pemeran.

Dikutip dari Complex, Suris mengaku ia sudah melihat semua konten yang ada di situs Pornhub kecuali kategori "closed captions" itu. Meski begitu, ia tetap bersikeras bahwa dirinya dan banyak tunarungu lainnya yang haknya dilanggar karena Pornhub tak sensitif terhadap kebutuhan mereka.

Baca Juga: 7 Cara Bicara dengan Teman Tuli, meski Kamu Tak Bisa Bahasa Isyarat

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

is capitalism any good?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya