Wali Kota London Sadiq Khan: Misogini adalah Tindak Pidana Kebencian

Misogini harus mendapat hukuman

London, IDN Times - Wali Kota London Sadiq Khan mendukung upaya untuk menjadikan misogini atau kebencian terhadap perempuan sebagai tindak pidana kebencian. Menurut laki-laki yang sedang mengincar posisi di periode kedua pada 7 Mei mendatang itu, gender perempuan semestinya masuk ke dalam elemen dari individu yang harus dilindungi.

Selama ini, kebencian yang dianggap patut diproses hukum adalah terhadap ras, agama, disabilitas dan orientasi seksual. "Keselamatan semua warga London adalah prioritas utama saya dan sebagai feminis yang bangga, saya kira tidak bisa diterima bahwa perempuan atau gadis di kota kita harus mengalami kejahatan menghancurkan seperti itu," kata Khan jelang debat calon wali kota, seperti dikutip The Independent.

1. Perilaku seksis dan misoginis tidak bisa ditoleransi lagi di mana pun berada

Wali Kota London Sadiq Khan: Misogini adalah Tindak Pidana KebencianWali Kota London Sadiq Khan. instagram.com/mayorofldn

Khan, yang berasal dari Partai Buruh, mengaku percaya seharusnya seluruh perempuan tidak lagi perlu merasa khawatir mendapatkan diskriminasi atau ancaman di mana pun berada. "Saya mau semua perempuan merasa aman di London, entah itu ketika mau pergi bekerja atau menikmati budaya dan hiburan yang ditawarkan London," ujarnya.

"Ini saatnya bagi setiap warga London untuk memprotes perilaku seksis dan misoginis di mana pun mereka menemukannya--di tempat kerja, di sekolah, di jalan atau di transportasi publik," tambah Khan. Ia menuding lawannya, dari Partai Konservatif, tidak memahami perlunya langkah untuk menghentikan perilaku-perilaku merugikan perempuan.

"Saya bangga mendukung panggilan untuk mengakui misogini sebagai sebuah tindak kejahatan kebencian dan untuk semua kejahatan kebencian berdasarkan karakteristik yang dilindungi untuk diperlakukan setara," tegasnya. "Oleh karena itu, saya meminta kepada warga London agar memberikan suara kepada saya agar saya bisa melanjutkan perjuangan untuk kota kita dan menjadi feminis di Balai Kota."

2. Pernah muncul petisi agar misogini masuk tindak pidana kebencian

Wali Kota London Sadiq Khan: Misogini adalah Tindak Pidana KebencianWali Kota London Sadiq Khan. instagram.com/mayorofldn

Apa yang diutarakan Khan pernah diungkapkan oleh sebuah organisasi masyarakat nirlaba di London bernama CitizenUK pada 2018. Organisasi itu mengirimkan surat terbuka kepada Komisioner Polisi Metropolitan di London yang isinya permintaan untuk "membuat misogini sebagai tindak pidana kebencian di London dan seluruh Inggris serta Wales".

CitizenUK mengutip data dari endviolenceagainstwomen.org.uk yang menemukan bahwa di tahun itu, sebanyak 85 persen perempuan muda dan 45 persen seluruh perempuan pernah menerima pelecehan seksual di ruang publik. Hanya satu dari 10 yang mendapatkan bantuan usai mengalami insiden itu. Mayoritas terpaksa menghindari naik transportasi publik di malam hari agar tak bertemu dengan situasi tersebut.

3. Publik mendukung upaya menjatuhkan hukuman kepada pelaku misogini

Wali Kota London Sadiq Khan: Misogini adalah Tindak Pidana KebencianWali Kota London Sadiq Khan. instagram.com/mayorofldn

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh dua dosen dari Universitas Nottingham Inggris pada 2018, mayoritas responden mengaku sepakat untuk menghukum pelaku misogini. "Riset kami, terdiri dari beberapa survei, focus group dan interviu dengan hampir 700 orang menunjukkan dukungan publik yang besar untuk pemberlakuan kebijakan secara nasional," tulis Louise Mullany dan Loretta Trickett di The Conversation.

"Insiden-insiden kejahatan misogini sangat tinggi di masyarakat dengan 93,7 persen responden mengalami atau menyaksikan pelecehan di jalanan di Nottinghamshire saja," tambah keduanya, merujuk kepada sebuah area di Inggris. Sebanyak 45,6 persen responden menilai pendidikan penting untuk mengubah perilaku, sedangkan 95,2 persen beranggapan perilaku itu bagian dari masalah sosial yang lebih luas.

Mullany dan Trickett menulis,"Bekerja dengan berhubungan langsung dengan inisiatif pembuatan kebijakan, implementasi strategi untuk membuat perilaku tersebut tidak diterima secara sosial, sebagaimana juga pelaku kejahatan, akan jadi langkah jelas ke arah perubahan perilaku di masa depan."

Baca Juga: Mending Dipikir Lagi, Ini 5 Tanda Bila Kekasihmu Itu Cowok Misoginis!

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

typing...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya