6 Menteri Mundur, Presiden Slovakia Desak Igor Matovic Mundur

Dampak krisis politik di Slovakia

Bratislava, IDN Times - Usai mundurnya Menteri Pendidikan dan Menteri Luar Negeri Slovakia pada Kamis Rabu (24/03/2021) menunjukkan politik negara Slovakia masih dirundung krisis berkepanjangan. Bahkan kini Presiden Slovakia ikut mendesak PM Igor Matovic agar bersedia mengundurkan diri. 

Sebelumnya sudah terdapat perpecahan dalam tubuh koalisi pemerintahan Slovakia yang setuju pembelian vaksin asal Rusia. Namun ada pula pihak yang menolaknya lantaran ingin Slovakia tetap pro Barat. 

1. Sudah terdapat enam menteri dalam kabinet yang mundur

Krisis politik di Slovakia masih belum menunjukkan tanda berakhir, setelah Menteri Ekonomi, Richard Sulik dan Menteri Hukum, Maria Kolikova mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu (23/03/2021). Kini giliran dua anggota kabinet lain, yakni Menteri Luar Negeri, Ivan Korcok dan Menteri Pendidikan Branislav Grohling yang memutuskan untuk mundur pada Rabu (24/03/2021). 

Sebelumnya krisis politik berkepanjangan di Slovakia disebabkan pembelian vaksin Sputnik V secara diam-diam yang dilakukan oleh PM Igor Matovic. Bahkan sejak mencuatnya kasus tersebut, sudah terdapat enam menteri dalam pemerintahan Slovakia yang mengundurkan diri, dilansir dari Euronews

2. Presiden mendesak PM Igor Matovic untuk mundur

6 Menteri Mundur, Presiden Slovakia Desak Igor Matovic MundurPresiden Slovakia Zuzana Čaputová saat bertemu dengan Presiden Slovenia Borut Pahor. twitter.com/ZuzanaCaputova/

Mundurnya beberapa menteri dalam kabinet Slovakia membuat pihak oposisi menyebut PM Igor Matovic lalai dalam menangani masalah pandemik. Bahkan kasus kematian harian akibat COVID-19 mencapai 13 dari satu juta jiwa dan membuat angka kematian negara Eropa Timur tersebut tertinggi ketiga di dunia. 

Bahkan Presiden Slovakia Zuzana Čaputová juga ikut mendesak Igor Matovic untuk menanggalkan jabatannya pada Kamis (25/03/2021). Usai adanya dua menteri yang kembali mundur dan keputusannya dalam membeli vaksin asal Rusia meski belum disetujui otoritas Uni Eropa, dilansir dari The Irish Times

Baca Juga: Pernyataan PM Slovakia Buat Ketegangan antara Ukraina dan Slovakia

3. Runtuhnya koalisi pemerintahan di Slovakia

Mengutip dari The Slovak Spectator, salah satu partai anggota koalisi yakni partai Freedom and Solidarity (SaS) memutuskan untuk menarik diri dari jabatannya. Bahkan pihak partai SaS mengucapkan jika mereka tidak akan menjadi bagian dari koalisi sampai PM Igor Matovic bersedia mengundurkan diri. 

Hal ini dilakukan oleh pihak partai SaS usai ketua dan mantan Menteri Ekonomi Richard Sulik mundur dari jabatannya. Lantas hal ini membuat SaS tidak punya satupun anggotanya yang ambil andil dalam pemerintahan. 

Selain itu, apabila hingga Senin depan masalah politik di Slovakia belum terselesaikan maka partai Za Ludi juga akan menarik diri. Akibat perselisihan ini, suasana politik di Slovakia semakin carut marut dan sulit untuk diselesaikan. 

Baca Juga: Menkes Slovakia Mundur Terkait Pembelian Vaksin Rusia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya