Adanya Kapal Perang Kanada di Selat Taiwan, Buat Geram Tiongkok

Tingkatkan tensi Tiongkok dengan Kanada

Taipei, IDN Times - Ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan sudah meningkat belakangan ini usia adanya pesawat Tiongkok yang masuk wilayah udara Taiwan. Di samping itu, Taiwan juga meningkatkan pertahanan diri karena semakin gencarnya Tiongkok berpatroli di sekitar wilayahnya.

Pada hari Minggu (04/10) terdapat kapal perang milik AL Kanada yang berlayar di Selat Taiwan. Hal ini berakibat meradangnya Tiongkok yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya.

1. Kapal Perang Kanada berlayar dari Laut China Selatan

Melansir dari Aljazeera, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa, kapal perang Kanada berjenis corvette tersebut berlayar dari Laut China Selatan melalui Taiwan dan hendak menuju ke utara. Kedua perairan tersebut menjadi salah satu isu ketegangan utama Tiongkok dengan tetangganya karena diklaim sebagai perairannya. 

Sementara itu, Angkatan Laut Taiwan juga mengawasi kapal tersebut termasuk memberikan perlindungan udara bagi kapal tersebut ketika melintasi Selat Taiwan, dikutip dari Pledge Times

2. Sudah beberapa kali Kapal AS dan Kanada melalui Selat Taiwan

Adanya Kapal Perang Kanada di Selat Taiwan, Buat Geram TiongkokKapal Perang Kanada dan AS yang sedang berlayar. twitter.com/CAFinUS/

Mengutip dari Reuters, pada bulan September tahun 2019 lalu, kapal Kanada juga berlayar melalui Selat Taiwan. Selain itu, kapal perang AS juga acap kali melewati selat yang menjadi sumber ketegangan utama antara Tiongkok dan Taiwan. Pada bulan Agustus lalu juga terdapat kapal missil AS, USS Musin yang melintas di selat tersebut.

Tiongkok menganggap adanya kapal AS dan Kanada yang melalui perairan tersebut sebagai ancaman. Hal ini membuat Pemerintah Tiongkok mengecam pelayaran yang dilakukan oleh kedua negara barat tersebut. 

3. Tingkatkan ketegangan Tiongkok dengan Taiwan dan Kanada

Adanya Kapal Perang Kanada di Selat Taiwan, Buat Geram TiongkokPesawat Tempur Y-8 milik Tiongkok yang mengudara di sekitar wilayah Taiwan. twitter.com/MoNDefense/

Adanya kapal Kanada yang berlayar di sekitar Selat Taiwan tentu membuat geram Tiongkok yang selama ini menganggap Pulau Taiwan sebagai wilayahnya. Dampaknya ketegangan antara Taiwan dan Tiongkok terus meningkat dan masuk ke fase terburuk, setelah sebelumnya terdapat pesawat tempur Tiongkok yang masuk ke wilayah udara Taiwan. 

Selain meningkatknya tensi antara Tiongkok-Taiwan, hubungan antara Tiongkok dan Kanada juga memburuk belakangan ini. Hal ini ditengarai permasalahan Hongkong beserta kasus penahanan petugas finansial Huawei, Meng Wanzhou dan dibalas dengan penahanan dua warga negara Kanada, bernama Michael Spavor dan Michael Kovrig yang dituduh sebagai mata-mata, dilansir dari Aljazeera

Baca Juga: 5 Fakta Okinawa Land, Pulau di Jepang yang Berasa Tiongkok!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya