Comscore Tracker

Aljazair Pindahkan Aliran Suplai Gas Alam ke Spanyol

Tidak lagi mengirim gas melalui Maroko

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Aljazair pada Kamis (26/8/2021) memutuskan untuk mengubah aliran suplai gas alam ke Spanyol. Hal ini dilatarbelakangi pemutusan hubungan diplomatik antara Aljazair dan Maroko setelah menuding negara tetangganya itu ikut campur urusan dalam negeri. 

Belakangan ini, hubungan dua negara Afrika Utara itu tengah memanas terkait dengan kembali berlanjutnya konflik di Sahara Barat. Akan tetapi, Aljazair menuduh Maroko melakukan intrusi dan mendukung kelompok separatis di negaranya. 

1. Adanya pertemuan antara delegasi Aljazair dan Spanyol

Aljazair Pindahkan Aliran Suplai Gas Alam ke SpanyolPertemuan antara Dubes Spanyol di Aljazair, Fernando Moran dan Menteri Energi Aljazair, Mohamad Arkab. (twitter.com/JalilWs)

Pada Kamis, terdapat pertemuan antara Dubes Spanyol di Aljazair, Fernando Moran dan Menteri Energi Aljazair, Mohamed Arkab yang menyatakan,"Algeria akan berkomitmen penuh mengirimkan pasokan gas alam menuju ke Spanyol melalui pipa Medgaz."

Bahkan dalam pertemuan selama dua hari itu, Aljazair mengungkapkan jika tidak bersedia lagi untuk mengirimkan gas melalui pipa GME yang menghubungan wilayah Maghreb dan Eropa. Pasalnya pipa itu melalui teritori Maroko yang notabene merupakan rival dari Aljazair, terutama usai insiden pemutusan hubungan diplomatik kedua negara. 

Padahal selama berbulan-bulan Pemerintah Spanyol, Maroko dan Aljazair sudah melakukan negosiasi terkait perjanjian Maghred dan Eropa yang akan berakhir pada 31 Oktober mendatang, dilansir dari La Prensa Latina

2. Pasokan gas alam akan disalurkan melalui pipa Medgaz

Aljazair Pindahkan Aliran Suplai Gas Alam ke SpanyolPeta saluran pipa Medgaz yang menghubungkan Aljazair dan Spanyol. (twitter.com/JalilWs)

Baca Juga: Aljazair Memutus Hubungan Diplomatik dengan Maroko

Dikutip dari Arab News, ekspor gas alam dari Aljazair selama ini dilakukan melalui dua saluran pipa, yakni GME dan Medgaz. Namun adanya pemutusan hubungan Maroko-Aljazair, maka nantinya pasokan gas hanya dikirimkan melalui pipa Medgaz yang berkapasitas lebih kecil. 

Padahal saluran pipa gas GME yang memiliki kapasitas besar itu, selama ini telah mengirimkan lebih dari setengah pasokan gas alam ke Spanyol. Pasalnya pipa yang dimiliki oleh perusahaan gas alam Spanyol, Naturgy itu nantinya akan dipindahtangankan kepada Maroko tepat pada 1 November. 

Pipa GME sudah dibangun pada tahun 1980an atas inisiatif dari perusahaan Enagas dan perusahaan minyak Aljazair Sonatrach. Bahkan pipa itu memiliki kapasitas maksimum yang mencapai 8 juta meter kubik setiap tahunnya. Meski Pemerintah Aljazair akan meningkatkan kapasitas Medgaz, diperkirakan pipa itu tidak akan cukup menampung pasokan gas ke Spanyol.

3. Pemutusan total hubungan diplomatik Aljazair-Maroko

Sejak Selasa (24/8/2021) Aljazair tiba-tiba memutuskan hubungan diplomatik dengan negara tetangganya Maroko terkait aksi provokasi dan ikut campur urusan dalam negeri. Pasalnya kedua negara Afrika Utara itu, selama ini bersitegang terkait tudingan mendukung kelompok separatis, di mana Aljazair mendukung penuh kemerdekaan Sahara Barat dari Maroko.

Sedangkan Aljazair menuding Maroko mendanai kelompok separatis MAK (Mouvement pour l’autodétermination de la Kabylie) di Kabylia dan mengakibatkan insiden kebakaran hutan hebat yang menewaskan 90 orang. Meskipun tidak ada bukti kuat yang menyatakan kelompok MAK adalah dalang di balik kebakaran itu. 

Sementara, Maroko menyebut tudingan itu sebagai aksi salah dan konyol, termasuk tudingan yang menyebutkan Israel ada di balik insiden kebakaran hutan. Sebelumnya normalisasi hubungan Maroko dan Israel, dengan imbalan pengakuan Sahara Barat dari AS juga menyulut kemarahan Aljazair, dilansir dari Middle East Eye

Baca Juga: Pemilu Legislatif Aljazair Hanya Diikuti Sedikit Partisipan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya