Comscore Tracker

Argentina: 3 Polisi Dihukum Usai Terbukti Bunuh Pesepak Bola

Lucas González ditemukan tewas dengan luka tembak

Jakarta, IDN Times - Tiga aparat kepolisian di Buenos Aires, Argentina pada Senin (6/12/2021) telah ditangkap lantaran diduga terlibat dalam kasus pembunuhan seorang pesepak bola. Pemain bola bernama Lucas González itu diketahui masih berusia 17 tahun dan berasal dari klub Barracas Central. 

Dilansir dari Marca, korban ditemukan tewas pada November lalu dengan bekas luka tembakan di kepalanya. Berdasarkan keterangan saksi mata, diketahui pelaku penembakan merupakan seorang anggota kepolisian. 

1. Tiga aparat kepolisian terbukti membunuh Lucas González

https://www.youtube.com/embed/tXsEZa5XXZ4

Tiga personel kepolisian yang ditangkap nantinya akan didakwa dengan hukuman pembunuhan dua kali lipat. Hal ini dikarenakan ketiganya merupakan aparat penegak hukum dan memiliki tanggung jawab yang lebih apabila melakukan aksi pembunuhan. 

Ketiga aparat kepolisian itu diketahui bernama Gabriel Alejandro Issasi, Juan José Nieva dan Fabián Andrés López. Kini semuanya sudah ditahan dan diharuskan membayar denda 1,8 juta peso Argentina oleh Hakim Martín del Viso. 

Apabila tiga aparat kepolisian itu terbukti bersalah, mereka bisa dikenai hukuman maksimum seumur hidup. Namun, masih belum diketahui siapa salah satu di antaranya yang merupakan pelaku menembak langsung González.

Di samping itu, hakim juga menuntut mereka lantaran telah mengalihkan fakta, merampas kebebasan dan mencoba melakukan pembunuhan kepda tiga korban lain, yakni Niven Huanca Garnica, Julián Salas dan Joaquín Zuñiga Gómez, dikutip dari Buenos Aires Times

2. Ketiganya menolak dengan sengaja menembak pesepak bola remaja itu

https://www.youtube.com/embed/V3xU_4M0dBg

Dikutip dari Buenos Aires Times, ketiga aparat kepolisian itu menolak melakukan kesalahan dan mengaku bahwa mereka bersalah lantaran menduga González yang sedang mengemudikan mobil telah melakukan aksi kriminal. 

Namun, Hakim Del Viso juga menolak adanya versi yang diungkapkan oleh ketiga polisi itu. Bahkan, hakim juga menolak klaim lain yang mengatakan jika tiga aparat kepolisian itu mendapatkan serangan dari korban. 

"Mereka telah menunjukkan tindak yang ilegal dan melanggar hukum serta sudah melakukan pemaksaan untuk mengakui versinya. Mereka tidak menembak untuk mempertahankan diri, tapi mereka menembak langsung ke arah anak remaja itu yang saat itu tidak dapat mempertahankan dirinya" ungkap Del Viso. 

Di sisi lain, Gregorio Dalbon selaku pengacara keluarga González juga mengklaim bahwa korban juga mendapatkan siksaan dari aparat kepolisian. Hal ini diketahui setelah adanya rokok terbakar di tangannya ketika remaja itu ditemukan tewas. 

Baca Juga: Argentina: Penduduk Punta Tombo diduga Bunuh Ratusan Penguin

3. Lucas dibunuh ketika hendak pulang usai menjalani latihan

Argentina: 3 Polisi Dihukum Usai Terbukti Bunuh Pesepak BolaLucas Gonzalez saat menjalani latihan bersama klub Barracas Central. (twitter.com/mauroszeta)

Kronologi kejadian bermula ketika pesepak bola berusia 17 tahun itu sedang mengendarai mobil VW Suran bersama dengan tiga temannya. Mereka berempat hendak kembali pulang usai melakukan latihan di klubnya dan kemudian polisi menembak tepat di kepalanya. 

Berdasarkan versi ibunya Cintia Lopez menuturkan, "Lucas saat itu sedang berada di tim Barracas bersama empat temannya untuk berlatih. Mereka pergi latihan karena klubnya sedang mencari pesepak bola muda yang seusianya. Ia saat itu menemani temannya yang berasal dari Florencio Varela."

"Ketika mereka selesai latihan, mereka berhenti untuk membeli game saat dalam perjalanan pulang. Bahkan perempuan di toko itu mengatakan kesemuanya dalam keadaan baik-baik saja dan gembira serta sedang mendengarkan musik saat itu."

"Setahu saya, mereka diberhentikan oleh empat anggota kepolisian. Salah satu orang tua anak-anak mengatakan kepada saya bahwa mereka hendak menyerang mereka dan mereka mempercepat kendaraan mereka dan kemudian polisi itu menembak Lucas" ungkap Cintia Lopez dalam laman Marca.

Baca Juga: Argentina: Penduduk Punta Tombo diduga Bunuh Ratusan Penguin

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya