Argentina Akan Bangun Taman Nasional Terbesar

Dikhususkan bagi binatang air

Buenos Aires, IDN Times - Pemerintah Argentina berencana untuk membuat sebuah taman nasional yang diperuntukkan bagi berbagai spesies endemik termasuk burung flamingo. Taman nasional baru tersebut akan dibangun di Danau Mar Chiquita yang merupakan danau terbesar di Argentina. 

Pendirian taman nasional ini dimaksukan untuk membangun ekoturisme dan ekonomi setempat serta diharapkan dapat mengembalikan populasi flora dan fauna yang terus berkurang selama beberapa tahun belakangan. 

1. Taman Nasional didirikan di Danau Mar Chiquita, Cordoba

Argentina Akan Bangun Taman Nasional TerbesarMenteri Lingkungan Argentina Juan Cabandié (tengah) saat menghadiri acara pendirian Taman Nasional Ansenuza di Miramar, Cordoba. (twitter.com/juancabandie)

Pada hari Sabtu (08/05/2021) Menteri Lingkungan Argentina Juan Cabandié dan walikota Miramar mengumumkan apabila akan membangun Taman Nasional Ansenuza Baru yang berlokasi di Provinsi Cordoba. Nantinya taman nasional akan meliputi permukaan air Danau Mar Chiquita atau Mar de Ansenuza yang diketahui sebagai danau terbesar di Argentina dan danau kelima terbesar di Amerika Selatan, dilansir dari Infobae

Taman Nasional Ansenuza Baru ini nantinya akan meliputi Danau Mar Chiquita dan Sungai Dulce yang merupakan area lahan basah. Dilansir dari Swiss Info, nantinya taman nasional ini akan menjadi area proteksi ketiga di Cordoba setelah Taman Nasional Quebrada del Condorito and Traslasierra.

2. Meliputi area sangat luas dengan ekosistem beragam

Argentina Akan Bangun Taman Nasional TerbesarPemandangan Danau Mar Chiquita di Argentina . (twitter.com/ParquesOficial)

Dilansir dari Pagina12, taman nasional akan menghadirkan ekosistem kompleks lantaran meliputi area lingkungan yang sangat beragam. Ekosistem di area tersebut meliputi danau air asin, punggung sungai, danau sementara dan permanen, pantai berlumpur, area semak-semak, hutan spinal, dataran garam, sabana banjir. 

Maka dari itu, lingkungan ini akan membuat unit yang saling tersambung dan diketahui sebagai zona yang sangat kaya akan nilai ekologi, pemandangan, ekonomi, kebudayaan, ilmiah dan rekreasional. Bahkan area konservasi tersebut memiliki luas 900 ribu hektare dan disebut sebagai taman nasional terbesar di Argentina, dikutip dari Infobae

Baca Juga: Presiden Argentina Tuduh Mahkamah Agung Memihak Oposisi

3. Taman nasional dikhususkan bagi spesies binatang air

Area ekosistem ini dihuni berbagai flora dan fauna endemik dan menjadi rumah bagi 400 spesies binatang termasuk di antaranya berang-berang dan serigala manned. Bahkan dihuni lebih dari 250 spesies burung dan pada lahan basah kerap terlihat burung flamingo merah muda, camar, bebek dan berbagai spesies burung air lainnya. 

Menurut Greenpeace, lahan basah di Cordoba tersebut diketahui menjadi penyedia makanan dan air untuk kelangsungan biodiversitas, keseimbangan iklim dan penjernih udara, serta pendaur ulang nutirisi dan formasi tanah. 

Di sisi lain, 21 persen dari teritori Argentina berupa area lahan basah sehingga penting untuk memiliki area konservasi lahan basah yang dilindungi hukum, dikutip dari Ambito

Baca Juga: Argentina Kecam Peluncuran Misil Inggris di Kep. Falkland

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya