Banjir Bandang Terjang Asuncion, Paraguay, 3 Tewas

Cuaca buruk landa sebagian wilayah Paraguay

Jakarta, IDN Times - Bencana banjir bandang melanda sebagian wilayah ibu kota Asuncion, Paraguay sejak Selasa (22/3/2022) lalu. Bahkan banjir besar yang melanda Paraguay kali ini disebut mampu menyeret kendaraan bermotor dan juga menimbulkan sejumlah korban jiwa. 

Sebelumnya, banjir bandang sudah beberapa kali menerjang ibu kota Paraguay yang disebabkan hujan deras dan menimbulkan meluapnya air sungai. Sedangkan bencana kali ini diakibatkan adanya badai yang menyulut tingginya curah hujan. 

1. Tiga orang tewas terseret arus banjir bandang di Paraguay

Berdasarkan kabar terbaru terdapat tiga orang tewas akibat terseret arus deras banjir badang yang melanda Asuncion. Padahal, sebelumnya otoritas setempat melaporkan bahwa tidak ada satu pun korban jiwa akibat banjir akibat hujan deras dan badai kali ini. 

Salah satu korban tewas bernama Sergio Ortiz (34) diketahui berada di San Lorenzo akibat tertimpa tembok rumahnya yang roboh diterjang badai. Sedangkan keluarganya dilaporkan selamat dan sudah berhasil dievakuasi. 

Seorang anak berusia dua tahun juga dilaporkan tewas setelah terseret arus banjir di area Ka'aguy Rory. Menurut keterangan ayahnya, anak itu tengah tertidur di ruangannya dan ibunya sedang pergi ke rumah tetangga dan sudah tidak menemukan anaknya ketika ia kembali. 

Sementara itu, satu orang pria di Villeta juga terseret arus banjir ketika ia menyebrangi jembatan di dekat tempat tinggalnya. Pada Rabu sore, petugas pemadam kebakaran menemukan tubuh pria tersebut, dikutip dari Mercopress

2. Cuaca buruk masih akan melanda Paraguay dalam beberapa hari ke depan

Baca Juga: Paraguay: Penembakan di Konser Musik, 2 Tewas

Badai dan hujan deras pada beberapa wilayah di Paraguay kali ini berlangsung sejak Selasa malam hingga Rabu pagi. Tingginya curah hujan menyulut terjadinya banjir bandang yang merusak area permukiman warga, sekolah dan berbagai fasilitas umum lain. 

Menurut Badan Meteorologi dan Hidrologi Paraguay, hujan deras pada Selasa mencapai ketebalan 70 mm. Sedangkan curah hujan tertinggi dilaporkan berasa di wilayah San Lorenzo yang terletak di pinggiran Asuncion. 

Beberapa wilayah di Asuncion juga sudah digenangi air setinggi beberapa centimeter sejak Selasa setelah terjangan hujan deras. Sejumlah kendaraan bermotor yang tengah berada di jalan tak luput dari sapuan banjir bandang.

Otoritas Paraguay juga memprediksi jika sistem badai masih akan berlanjut ke beberapa area di seluruh negeri. Cuaca buruk di Paraguay diprediksi masih akan berlangsung beberapa hari ke depan, ditandai dengan angin kencang, hujan deras dan badai petir. 

3. Festival yang dihadiri Miley Cyrus dan MGK di Paraguay tertunda

Badai di Paraguay beberapa hari lalu juga dirasakan oleh penyanyi kenamaan Amerika Serikat, Miley Cyrus. Pada Rabu (23/3/2022), pesawat yang ditumpangi aktris jebolan Disney itu sempat tersambar petir dan mengharuskannya mendarat darurat. 

"Untuk seluruh fans saya dan semua yang khawatir setelah mendengar penerbangan saya ke Asuncion. Pesawat kita terkan badai dan tersambar petir. Kru, band, teman dan keluarga bepergian dengan saya selamat dalam pendaratan darurat"

Kepala Direktorat Aviasi Sipil Paraguay, Felix Kanasawa mengatakan kepada media lokal bahwa karena cuaca buruk, sehingga pesawat mendarat darurat di Bandara Guarani, yang dekat engan Ciudad del Este di perbatasan Brasil dan Miley Cyrus diterbangkan ke Kota Sao Paulo, Brasil, dikutip dari Reuters

Di samping itu, panitia acara juga sudah menunda festival Asunciónico 2022 yang dihadiri oleh Miley Cyrus dan Machine Gun Kelly tersebut lantaran adanya cuaca buruk. Akibat kejadian itu, Machine Gun Kelly juga menggelar konser sendiri di depan hotelnya di Asuncion. 

Baca Juga: Brasil dan Paraguay Kerja sama Lawan Aksi PCC di Perbatasan

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya