Comscore Tracker

Bolsonaro Ngambek, Presiden Portugal Jadi Temui Lula da Silva

Presiden Bolsonaro menolak bertemu Rebelo de Sousa

Jakarta, IDN Times - Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, berkunjung ke São Paulo, Brasil pada Minggu (3/7/2022) dan bertemu dengan mantan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva. Pertemuan itu dilangsungkan setelah Presiden Brasil Jair Bolsonaro menolak bertemu dengan de Sousa. 

Kunjungan presiden sayap kiri Portugal itu dilangsungkan setelah mendapat undangan sebagai tamu dalam acara São Paulo International Book Biennial yang ke 26. Sementara, insiden ini menjadi pertanda menjauhnya hubungan Portugal dan Brasil yang dikenal sangat dekat, dilansir The Rio Times

Baca Juga: Hina Jurnalis Perempuan, Bolsonaro Diharuskan Membayar Denda

1. Rebelo de Sousa bertemu dengan Lula di Sao Paulo

Pertemuan antara Lula da Silva dan Presiden de Sousa dilangsungkan di Kantor Konsulat Jenderal Portugal di Sao Paulo pada Minggu. Presiden berusia 73 tahun itu bertemu dengan Lula untuk melanjutkan agenda lawatan ke Brasil. 

"Program awal ini untuk memperingati 100 tahun perjalanan melawati Samudra Atlantik dan Bienal. Tidak ada agenda lain dalam kunjungan di Brasil. Saya sudah berbicara dengan eks Presiden Lula dan saya akan berbicara dengan eks Presiden Michel Temer dan Henrique Cardoso sama seperti tahun lalu" ungkap de Sousa, dilansir Diario de Noticias

Sampai saat ini, presiden sayap kiri itu juga belum mengumumkan kapan ia akan kembali ke Lisbon. Selain bertemu dengan beberapa mantan presiden Brasil, Sousa juga akan bertemu dengan sejumlah warga Portugal yang tinggal di Sao Paulo.  

Baca Juga: Brasil Tangkap Pembunuh Jurnalis Inggris yang Hilang di Amazon

2. Bolsonaro sebut Rebelo de Sousa hanya berniat bertemu dengan Lula

Bolsonaro Ngambek, Presiden Portugal Jadi Temui Lula da SilvaPresiden Brasil Jair Bolsonaro. (instagram.com/jairmessiasbolsonaro)

Pada Jumat (1/7/2022), Bolsonaro membatalkan pertemuan dengan Marcelo Rebelo de Sousa yang sedianya dilangsungkan di Brasilia pada Senin. Hal ini karena Bolsonaro menyebut presiden berusia 73 tahun itu sejak awal, hanya ingin bertemu dengan Lula da Silva. 

"Saya memutuskan untuk membatalkan makan siang dengan Marcelo Rebelo de Sousa di Brasilia. Serta membatalkan semua acara yang sudah dijadwalkan antara kedua pemimpin" tutur Bolsonaro, dikutip dari EFE

Pasalnya, pertemuan dengan Lula sudah diagendakan sejak awal oleh Presiden Rebelo de Sousa dalam kunjungannya di beberapa kota di Brasil. Bahkan, setelah dibatalkannya pertemuan dengan Presiden Bolsonaro, Rebelo de Sousa justru berwisata ke pantai Copacabana di Rio de Janeiro.

Meskipun demikian, Rebelo de Sousa juga menegaskan bahwa hal ini tidak akan menganggu hubungan bilateral antara Portugal dan Brasil. Negara Amerika Selatan itu akan merayakan kemerdekaan dari Portugal yang ke 200 tahun. 

Baca Juga: Banyak Misinformasi, Bolsonaro Teken UU soal Media Sosial

3. Perseteruan antara Bolsonaro dan Lula da Silva makin meruncing

Perseteruan antara Jair Bolsonaro dan Lula da Silva dikabarkan makin meruncing menjelang pilpres yang tersisa tiga bulan mendatang. Bahkan, kedua politikus yang memegang paham berseberangan itu sudah terlibat saling tuding satu sama lain dalam beberapa waktu ke belakang. 

Pada Kamis (30/6/2022), Lula menuding Bolsonaro membayar warga dengan uang tunai menjelang pemilu pada 2 Oktober nanti. Ia juga menuding presiden sayap kanan itu berupaya mengubah konstitusi untuk memperpanjang program kesejahteraan sosial demi mendapatkan simpati warga. 

"Apa yang Bolsonaro tahu adalah masalahnya bukan berkaitan dengan pemungutan suara secara elektronik. Masalahnya adalah dengan warga Brasil, maka dari itu dia memberikan kebijakan untuk memberikan uang dan meningkatkan bantuan kepada warga" tutur Lula, dikutip dari Mercopress

"Semua itu baik, tapi saya pikir warga memang harus mendapatkan uang tersebut, tapi ini tidak akan menyelesaikan masalah karena semua akan berakhir pada Desember nanti. Realitanya, proposalnya terkait proyek elektoral. Dia pikir bisa membeli dukungan warga" tambahnya. 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya