Comscore Tracker

Bos Mafia Italia yang Kabur dari Penjara Ditangkap di Brasil

Ditangkap setelah dua tahun menjadi buronan

João Pessoa, IDN Times - Seorang bos mafia Italia bernama Rocco Morabito tertangkap di Brasil setelah menjadi buronan selama dua tahun lamanya. Penangkapan ini juga menjadi hasil investigasi gabungan antara kepolisian Italia dan Brasil untuk menangkap Morabito.  

Petinggi kelompok mafia 'Ndrangheta asal Calabria dengan jabatan kapten tersebut sebelumnya berhasil melarikan diri dari sebuah penjara di Uruguay pada tahun 2019 lalu. 

1. Berhasil ditangkap di Kota João Pessoa

Pada hari Senin (24/05/2021) otoritas Brasil mengungkapkan jika sudah menangkap seorang bos mafia bernama Rocco Morabito. Bos mafia yang dijuluki sebagai "Raja Kokain" tersebut berhasil ditangkap kepolisian gabungan Brasil dan Italia di Kota João Pessoa yang masuk Negara Bagian Paraiba. 

Pemerintah Italia selama ini tengah mencari dan sudah lama berniat memenjarakan Rocco Morabito terkait penyelundupan narkoba dan berbagai kegiatan ilegal lain sejak 1995. Bahkan pengadilan di Italia sudah melakukan persidangan dan menjeratnya dengan hukuman 30 tahun penjara sejak 2015, dikutip dari laman RT

2. Sebelumnya berhasil kabur dari penjara di Uruguay

Dikutip dari Euronews, selama ini Morabito sudah menjadi buronan Italia dan baru berhasil ditangkap pada September 2017 di Punta del Este, Uruguay. Selama dalam pelarian ia sudah bersembunyi dengan menggunakan 13 nama samaran demi menghindari kejaran polisi di Italia dan Uruguay. 

Setelah ditangkap pada 2017, ia kemudian dijebloskan ke dalam penjara sebelum ekstradisinya ke Italia. Namun pada Juni 2019, ia berhasil melarikan diri dari penjara di Montevideo bersama tiga orang tahanan lainnya melalui sebuah lubang atap. 

Ia diketahui mendapatkan izin tinggal permanen di Uruguay menggunakan paspor Brasil dengan nama Francisco Capeletto sejak tahun 2004. Namun keberadaannya terlacak setelah ia menggunakan nama aslinya ketika mendaftarkan anaknya ke perguruan tinggi. 

Baca Juga: Razia, Kepolisian Italia Tangkap 30 Anggota Mafia Black Axe

3. Dijerat usai mencoba mengirim lebih dari 1 ton kokain

Rocco Morabito atau yang dijuluki dengan "Raja Kokain" lantaran memiliki tanggung jawab untuk memastikan transportasi narkoba kokain menuju ke Italia dan kemudian diperjualbelikan di Milan. Bahkan ia berusaha mengirim 592 kg kokain dari Brasil pada 1992 dan 630 kg di tahun berikutnya, dilaporkan dari DW

Namun usahanya tersebut berhasil dilacak pihak kepolisian sejak 1994 dan tertangkap basah melakukan pembayaran kokain impor ke Milan dari Amerika Selatan senilai jutaan dolar AS. Rocco Morabito berasal dari sebuah desa di Calabria bernama Africo dan menjadi pemimpin klan mafia Africo Nuovo. 

Baca Juga: 355 Pelaku Mafia Terbesar di Italia akan Diadili Pengadilan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya