Eks Pejabat Bolivia Berupaya Masuk ke Chile Secara Ilegal

Melarkan diri melalui Gunung Licancabur

Santiago, IDN Times - Seorang mantan Wakil Menteri Perusahaan Besar dan Industri Bolivia Eduardo Peinado Rivero ditemukan sedang berupaya untuk masuk ke teritori Chile. Menariknya, Peinado Rivero masuk ke Chile bersama dengan istri beserta hewan peliharaannya melalui jalur yang tak biasa. 

Pasalnya area lokasi masuknya di perbatasan Chile-Bolivia yang berupa area pegunungan dan gurun itu diketahui memiliki temperatur udara yang sangat dingin hingga di bawah nol derajat Celcius terutama pada musim dingin. 

1. Melalui jalur Gunung Licancabur di San Pedro de Atacama

Eks Pejabat Bolivia Berupaya Masuk ke Chile Secara IlegalPemandangan Gunung Api Licancabur di Chile. (instagram.com/dondeandai.dani)

Otoritas Chile pada Senin (16/8/2021) menemukan dua orang laki-laki dan perempuan yang hendak memasuki teritori Chile dari Bolivia. Akan tetapi area sekitar Gunung Licancabur yang masuk wilayah San Pedro de Atacama, Antofagasta. Bahkan wilayah pegunungan tersebut diketahui memiliki suhu udara delapan derajat di bawah nol. 

Setelah diselamatkan oleh otoritas setempat, dua orang tersebut diketahui sebagai mantan Wakil Menteri Perusahaan Besar dan Industri Bolivia, Eduardo Raymundo Peinado Rivero dan istrinya beserta hewan peliharaannya. Kemudian keduanya dibawa menggunakan helikopter menuju ke Rumah Sakit Carlos Cisternas setelah mengalami hipotermia dan dehidrasi, dikutip dari laman El Monstrador

Personel yang melakukan penyelamatan adalah Grup Operasi Polisi Khusus (GOPE) dan pemadam kebakaran yang bekerja sama dengan Carabineros untuk memberikan informasi koordinat. Letnan Juan Zarate juga berkata, "Tim di perbatasan secara langsung bergerak menuju ke titik koordinat untuk menyelamatkan mereka."

2. Eduardo Peinado sudah mendaftar sebagai pengungsi politik di Chile

Baca Juga: Bolivia: Pemerintahan Sementara Terbukti Langgar HAM

Dikutip dari The Rio Times, menurut Presiden Delegasi Wilayah, Daniel Agusto mengatakan Eduardo Peinado Rivero yang merupakan mantan pejabat di Bolivia pada masa kepemimpinan Evo Morales sudah mengajukan suaka politik ke Chile. 

Agusto juga mengatakan, "Ia diketahui mencari suaka politik ke Chile terkait persekusi politik di negaranya. Secara logika, sebagaimana ia berusaha masuk ke Chile, pastinya ia tengah berada dalam situasi yang sangat sulit."

Di sisi lain, mantan pejabat Bolivia itu, diketahui ditemukan di tengah area pegunungan dengan kondisi kesehatan yang buruk setelah tiga hari berjalan. Pasalnya mobil yang mereka tumpangi untuk menyeberang ke Chile mengalami kerusakan dan telah berusaha melaporkan ke Carabineros Chile, dilansir dari El Monstrador

3. Eduardo Peinado melarikan diri setelah mendapat kabar hendak dikirim ke sel tahanan

Sementara itu, Eduardo Peinado diketahui sudah didepak dari jabatannya dan dituding terkati dalam kasus peningkatan harga akuisisi dari Perusahaan PapelBol yang mencapai 7 juta dolar AS atau Rp100,9 miliar. Padahal perusahaan yang dibentuk pada September 2007 itu berguna untuk menyuplai perusahaan di Brasil. 

Kemudian Peinado sudah diinvestigasi pada 2012 atas ketidakjelasan akuisisi sebagian saham Papeles de Bolivia dan sudah dihukum tanahan rumah hingga Oktober 2014. Ketika akan dikirim ke Penjara San Pedro, ia justru mendapat keringanan dan kembali menjadi tahanan rumah. 

Namun Peinado kemudian mendapatkan informasi jika akan pemerintah akan memasukkannya kembali ke dalam penjara, maka ia bersama keluarganya memutuskan untuk pergi ke luar negeri secara ilegal, dikutip dari Mercopress.

Baca Juga: Bolivia: Pemerintahan Sementara Terbukti Langgar HAM

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya