Ekuador: Anak Bos Geng Los Choneros Diculik

Anak El Fito diduga diculik utusan CJNG

Jakarta, IDN Times - Anak bos geng kriminal Los Choneros bernama Michelle Macías pada Rabu (17/11/2021) diculik sekelompok orang tak dikenal. Pasalnya, anak Jose Macias alias El Fito itu dikenal sebagai seorang ratu kencatikan di Ekuador dan sedang mengikuti kursus kencatikan di Manta. 

Kasus ini menambah panjang peristiwa kekerasan di Ekuador, setelah atlet lari bernama Álex Quiñónez ditembak mati pada Oktober lalu. Bahkan, hal ini juga dibarengi rentetan kerusuhan di dalam penjara yang telah menewaskan ratusan narapidana. 

1. Michelle diculik bersama sepupunya, María Villavicencio

Peristiwa penculikan Michelle Macias (19) terjadi pada petang hari di Kota Manta, di mana pada saat itu ia baru selesai menghadiri kelas kecantikan. Bahkan, sepupunya María Villavicencio (21) ikut menjadi korban penculikan dari sejumlah orang tak dikenal yang diduga anggota geng kriminal.

Sebelum dibawa ke dalam mobil oleh para penculik, keduanya sempat melakukan perlawanan dan berusaha melepaskan diri. Namun, kedua korban akhirnya berhasil dibawa kabur oleh para penculik. 

Menurut keterangan dari saksi mata, menyebutkan bila penculik sempat memindahkan keduanya ke kendaraan lain. Pelaku kemudian membakar mobil yang awalnya digunakan untuk menculik mereka dan diketahui keduanya dibawa lari dengan kapal boat, dilansir dari laman Daily Mail

2. CJNG disebut memerintahkan penculikan anak El Fito

Ekuador: Anak Bos Geng Los Choneros DiculikRompi anti peluru milik CJNG. (twitter.com/AristeguiOnline)

Baca Juga: 5 Olahan Daging Khas Ekuador yang Aromanya Bikin Ngiler

Dikutip dari El Comercio, Kepolisian Unit Anti Penculikan dan Pemerasan (UNASE) masih melakukan investigasi untuk mengungkap peristiwa penculikan ini. Selain itu, penculikan anak El Fito ini juga mengindikasikan adanya keterlibatan kartel narkoba Meksiko, CJNG (Cártel de Jalisco Nueva Generación). 

Hal ini diketahui setelah ditemukannya surat yang menyatakan bahwa Nemesio Oseguera Cervantes alias El Mencho memerintahkan geng kriminal di Ekuador untuk menculik Michelle Macias beserta sepupunya.

Sementara itu, tangan kanan CJNG di Ekuador adalah geng Los Lagartos yang dikenal sebagai salah satu rival geng Los Choneros. Sedangkan aksi penculikan ini juga sebagai bukti bahwa CJNG dan geng kriminal lokal dalam aliansinya sebagai yang terkuat di negara Amerika Selatan itu. 

Di sisi lain, polisi juga terus melakukan komunikasi dengan El Fito yang kini berada di dalam penjara. Geng Los Choneros yang dipimpinnya selama ini juga sudah bersekutu dengan Kartel Sinaloa yang menjadi musuh utama CJNG. 

3. Diduga aksi balas dendam dari geng kriminal Los Lobos kepada Los Choneros

Los Choneros merupakan salah satu geng kriminal terbesar di Ekuador yang mengontrol sebagian besar penjara Litoral. Geng yang dipimpin El Fito itu dikenal berbahaya dan terlibat dalam rentetan kerusuhan dan bentrokan antar tahanan di penjara Ekuador. 

Dilaporkan dari Daily Star, penculikan anak El Fito dan sepupunya adalah aksi balas dendam yang dilakukan bos Los Lobos, El Sargento. Pasalnya, pemimpin Los Choneros dan Alexander 'Junior' Roldan diduga telah membunuh anak remaja perempuan El Sargento. Namun, hingga kini masih belum diketahui apakah Los Lobos bekerja sama dengan CJNG atau geng kriminal lain. 

Dua organisasi kartel narkoba terkuat di Meksiko, yakni Kartel Sinaloa dan CJNG diketahui tengah memperebutkan kekuasaan di Ekuador. Maka dari itu, keduanya membentuk aliansi dan memberikan pengaruh kepada geng kriminal di Ekuador. 

Sementara itu, baik Kartel Sinaloa maupun CJNG berebut kekuasaan di Ekuador yang menjadi pintu utama jaringan suplai narkoba dari Kolombia dan Peru. Pasalnya, Ekuador merupakan lokasi strategis dan menguntungan dalam pengiriman narkoba ke Amerika Serikat, Eropa, dan Oseania.  

Baca Juga: Tolak Kenaikan BBM, Ribuan Masyarakat Pribumi Ekuador Gelar Unjuk Rasa

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya