Google Maps Hapus Rekomendasi Rute Maut di Timur Jauh Rusia

Usai menewaskan pengendara yang terjebak salju 

Vladivostok, IDN Times - Google Maps menghapus rekomendasi perjalanannya di kawasan Timur Jauh Rusia yang menghubungan Kota Yakutsk dan Magadan. Hal ini terkait dengan tewasnya seorang pengendara mobil usai terjebak salju di jalan tersebut selama lebih dari satu minggu.  

Rute yang dihapus oleh pihak Google adalah Jalan Utama Kolyma yang juga disebut dengan Road o Bones. Menurut keterangan warga lokal jalan tersebut tidak pernah digunakan selama bertahun-tahun untuk menuju ke Magadan. 

1. Ubah rekomendasi ke rute yang lebih lama

Sejak hari Jumat (11/12) Google mengubah rekomendasi perjalanan dalam sistem navigasi Google Maps antara Kota Yakusk dan Magadan di Timur Jauh Rusia. Kini Google memberikan rekomendasi rute melalui jalan yang lebih lama tiga jam dibanding melalui jalan yang dijuluki Road of Bones tersebut. 

Melansir dari RT, jalan yang sudah dibangun sejak era Uni Soviet dengan mempekerjakan para tahanan Gulag tersebut sudah tidak digunakan kembali selama bertahun-tahun. Meskipun rute tersebut secara teknis memotong jalur utama yang menjadikannya lebih cepat dengan menempuh waktu 31 jam dari normalnya 34 jam. 

2. Disebabkan tewasnya seorang pemuda di jalur maut tersebut

Penyebab perubahan rute navigasi Google ini lantaran ditemukannya seorang pemuda berusia 18 tahun bernama Sergey Ustinov yang tewas membeku di jalan maut tersebut. Korban bersama temannya Vladislav Istomin sudah seminggu lamanya hilang setelah Google tiba-tiba mengubah rekomendasi untuk melalui rute mematikan tersebut, dilansir dari India

Kedua pengendara mobil tersebut terjebak di rute naas tersebut setelah radiator dalam mobilnya tidak berfungsi. Namun salah satu pengendara berhasil selamat dan dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan akibat kedinginan. 

Berdasarkan investigasi diketahui bahwa temperatur pada malam itu mencapai lebih dari minus 50 derajat celcius. Sementara itu mobil Toyota Chaser yang ditumpangi kedua remaja tersebut ditemukan sekitar 120 km dari permukiman terdekat, dilansir dari RT

Baca Juga: 7 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Jarang Orang Tahu

3. Jalan sudah tak dipergunakan selama bertahun-tahun

Google Maps Hapus Rekomendasi Rute Maut di Timur Jauh RusiaJalan R504 Kolyma di Timur Jauh Rusia. instagram.com/vantomas_cz/

Rute dari Kota Yakutsk ke Magadan di Rusia yang dirubah oleh pihak Google tersebut juga melalui Jalan Utama Kolyma atau yang disebut Road of Bones. Jalan tersebut memiliki kisah kelam setelah dulunya dibangun oleh pekerja paksa dari Gulag dan menewaskan ribuan orang saat pembangunan di era Uni Soviet. 

Bahkan jalan tersebut sudah tidak pernah digunakan lagi oleh pengendara di Rusia yang hendak menuju Magadan. Belum lagi tidak adanya perawatan jalan seperti pembersihan tumpukan salju, penerangan dan rambu lalu lintas menjadi jalan ini sangat berbahaya untuk dilalui terutama saat musim dingin, dikutip dari RT

Baca Juga: Biar Gak Nyasar Liburan, Ini Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya