Comscore Tracker

Ilmuwan Buat Map of Life untuk Cari Spesies Hewan Baru

Sekitar 80 persen spesies hewan belum ditemukan

Washington D. C, IDN Times - Sejumlah ilmuwan menciptakan peta interaktif baru yang berguna untuk menemukan spesies binatang dan tanaman baru yang belum ditemukan. Pada peta tersebut akan diketahui spesies yang sudah diidentifikasi sebelumnya dan menyertakan area yang belum terjamah. 

Para ilmuwan yang bekerja di balik peta interaktif ini mengatakan jika metode ini merupakan cara terbaik untuk menemukan berbagai spesies makhluk hidup baru yang belum terungkap. 

1. Membuat peta interaktif untuk mengetahui jejak spesies baru

Pada hari Senin (22/03/2021) sekelompok ilmuwan meluncurkan sebuah peta interaktif yang menunjukkan distribusi spesies makhluk hidup di seluruh belahan Bumi. Peta yang dijuluki Map of Life tersebut sangat berguna untuk menemukan spesies hewan maupun tanaman yang belum pernah teridentifikasi, dilansir dari Yale News

Penemu aplikasi ini adalah dua orang ekologis bernama Mario Moura dari UFP Brasil dan Walter Jetz dari Universitas Yale, yang menggunakan model dengan teknik kartografi spekulatif yang didasarkan dari kumpulan data spesies yang sudah ada dan yang baru saja ditemukan. Serta media ini juga berguna untuk menemukan tempat persembunyian spesies baru terutama invertebrata, dikutip dari RT

2. Sekitar 80 persen spesies hewan belum ditemukan

Baca Juga: 7 Spesies Hewan Ini Punya Cara Berkembang Biak yang Unik, Apa Saja?

Mengutip dari Daily Mail, menurut pihak pengembang, peta interaktif tersebut sudah mengungkap sekitar 80 persen makhluk hidup di planet Bumi yang diperkirakan masih bersembunyi. Berdasarkan pengalaman para ilmuwan menyebutkan bahwa hanya 10 hingga 20 persen spesies yang ditemukannya.

Selain itu, para ilmuwan juga sangat memperhatikan terkait isu perubahan iklim dan kerusakan alam akibat ulah manusia yang terjadi belakangan ini. Maka mereka harus bekerja keras berpacu dengan waktu untuk menemukan spesies baru sebelum mereka hilang selamanya. 

3. Masih ada kekurangan dalam peta interaktif tersebut

Ilmuwan asal Brasil dan Jerman tersebut mengakui bahwa model yang mereka gunakan belum akurat 100 persen. Namun aplikasi tersebut mampu mengakui faktor biologi, lingkungan dan sosiologi dalam menentukan seberapa banyak spesies yang belum terungkap dan di mana kemungkinan besar mereka dapat ditemukan. 

Hingga kini terdapat 32 ribu hewan vertebrata darat yang sudah teridentifikasi oleh ilmu pengetahuan, tapi spesies baru akan selalu ditemukan. Binatang besar akan mudah ditemukan pada area geografis yang luas, sebaliknya binatang kecil sangat sulit ditemukan dengan area cakupan yang sempit dan hanya berada pada area spesifik saja. 

Para ilmuwan juga menyebutkan bahwa mayoritas spesies makhluk hidup vertebrata yang belum pernah ditemukan kemungkinan besar berada di Brasil, Indonesia, Kolombia dan Madagaskar. Serta diperkirakan hutan hujan tropis menjadi rumah bagi 50 persen spesies yang belum teridentifikasi, dilansir dari RT. 

Baca Juga: 5 Spesies Hiu dengan Tampilan Terunik dan Terseram di Dunia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya