Italia Tangguhkan Puluhan Sipir Penjara Atas Kasus Kekerasan

Tersebarnya video CCTV kekerasan dalam penjara

Roma, IDN Times - Puluhan petugas penjaga penjara di Italia ditangguhkan oleh otoritas setempat setelah terlibat skandal pemukulan tahanan. Padahal para tahanan melakukan aksi demonstrasi untuk menuntut hak mereka untuk mendapatkan perlindungan lantaran khawatir akan mewabahnya COVID-19. 

Sebelumnya kasus kriminal ini terungkap setelah adanya cuplikan video yang memperlihatkan puluhan penjaga penjara di Italia melakukan penyiksaan terhadap tahanan yang tidak bersenjata. 

1. Menangguhkan 52 sipir penjara di Napoli

Pada hari Rabu (30/06/2021) sebanyak otoritas Italia melakukan penangguhan kepada 52 petugas sipir penjara Santa Maria Capua Vetere yang terletak di Kota Napoli. Keputusan ini dilakukan setelah puluhan penjaga penjara tersebut diduga melakukan aksi pemukulan dan kekerasan terhadap tahanan yang tak memiliki senjata. 

Tindak kekerasan dari aparat ini hanya disebabkan para tahanan yang melakukan aksi demonstrasi untuk menuntut haknya terkait pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan penjara. Bahkan kejadian yang berlangsung pada 6 April 2020 lalu, ketika penjara sedang kekurangan masker dan alat tes COVID-19 demi pencegahan, dikutip dari Euronews

2. Tersebarnya video CCTV kekerasan dari petugas sipir penjara

Dilansir dari The Guardian, penangguhan puluhan petugas sipir penjara ini dilakukan setelah tersebarnya video CCTV kekerasan yang dilakukan petugas penjara kepada tahanan. Bahkan dalam video yang mencengangkan tersebut menunjukkan petugas menendang, menampar dan memukul dengan alat pemukul. 

Pada hari Rabu (30/06/2021) Menteri Hukum Italia, Marta Cartabia langsung memberikan perintah untuk melaporkan kondisi terkini penjara di Italia. Bahkan ia juga memerintahkan untuk diadakannya pertemuan mendadak dengan seluruh kepala penjara di Italia dan meminta hukuman penuh bagi pelaku kekerasan. 

Baca Juga: 7 Tewas dalam Kecelakaan Kapal Migran di Lampedusa, Italia

3. Investigasi sudah dilakukan sejak tahun lalu

Pihak Kejaksaan Agung juga sudah membuka investigasi pada tahun lalu terkait dengan keluhan banyaknya kekerasan dari petugas sipir penjara. Pada investigasi tersebut sudah menargetkan lebih dari 110 orang, termasuk di antaranya kepala penjara, dua komisioner dan tiga inspektur. 

Kasus kekerasan di dalam penjara Italia mengingatkan kembali akan kasus Stefano Cucchi yang tewas di dalam penjara di Roma pada 2009 silam. Pada kasus tersebut dua orang petugas kepolisian terbukti bersalah atas kematiannya pada 2019 lalu. Sementara Cucchi dipenjara setelah membawa kokain di sebuah taman dengan berat 37 kg. 

Atas kasus ini, saudara perempuan Cucchi, Ilaria telah berupaya meminta keadilan atas kematian Cucchi terkait dengan kekerasan di penjara Santa Maria Capua Vetere. Kasus Cucchi juga menginspirasi film berjudul On My Skin mengenai kekerasan di penjara Italia, dilansir dari laman The Guardian.

Baca Juga: Italia Cabut Aturan Wajib Masker di Ruang Publik, Muncul Pro-Kontra! 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya