Comscore Tracker

Jepang Bantu India Kembangkan Teknologi 5G untuk Bendung Tiongkok

Halau pengaruh Tiongkok di Asia-Pasifik

New Delhi, IDN Times –Tingginya kekhawatiran akan keamanan teknologi asal Tiongkok membuat India bekerjasama dengan Jepang untuk membuat teknologi telekomunikasi 5G. Sebelumnya kedua negara juga telah bergabung dengan Amerika Serikat untuk memboikot teknologi 5G asal Tiongkok yang dianggap tidak aman dan transparan.

Di samping itu, keputusan ini juga berkaitan dengan hubungan India dan Tiongkok yang tengah meradang akibat bentrokan kedua tentara di perbatasan Himalaya sejak bulan Juni lalu. Bahkan India sudah melarang ratusan aplikasi asal Negeri Tirai Bambu untuk mengudara di negaranya, dilansir dari Eurasian Times.

1. India lakukan kerjasama dengan perusahaan Jepang

Jepang melalui salah satu perusahaan teknologinya akan membantu untuk membangun teknologi 5G di India. Selain itu, kedua pemerintah juga setuju untuk mengirimkan teknologi kabel fiber-optic dalam kapal selam dari perusahaan asal Jepang.

Sedangkan India akan berkooperasi dengan Jepang untuk memberikan bimbingan kepada para professional teknologi digital, yang selama ini banyak berasal dari India. Kerjasama antara India-Jepang memiliki nilai yang mencapai ratusan juta dollar AS, dikutip dari Nikkei Asia.

2. Mendesak dominasi teknologi 5G milik Perusahaan Tiongkok 

Jepang Bantu India Kembangkan Teknologi 5G untuk Bendung TiongkokLogo Huawei di Kota Skopje, Makedonia Utara. instagram.com/viktorijanikolovskamk/

Adanya pembuatan peralatan teknologi 5G dari Jepang di India juga berfungsi untuk menghadang pengaruh Tiongkok dalam bidang teknologi komunikasi dan infrastruktur digital. Selama ini infrastruktur teknologi 5G didominasi oleh perusahan Tiongkok seperti Huawei.

Melaporkan dalam Nikkei Asia, nantinya teknologi 5G dari Rakuten tersebut akan diekpor menggunakan jaringan awan, sehingga dapat mengurangi biaya instalasi. Sebelumnya perusahaan tersebut juga sudah membuka laboratoriumnya di Bangalore untuk menjual teknologi miliknya pada perusahaan lokal.

Baca Juga: Erick Thohir: Perusahaan Jepang Lirik Proyek Wisata Medis di Bali

3. Menguatnya hubungan India dan Jepang 

Jepang Bantu India Kembangkan Teknologi 5G untuk Bendung TiongkokPertemuan Sekretaris Negara, Michael Pompeo dengan Menteri Luar Negeri India, Australia dan Jepang. twitter.com/SecPompeo/

Hubungan India dan Jepang belakangan ini tengah menguat setelah bentrokan antara tentara India dan Tiongkok di Himalaya pada bulan Juni lalu. Keduanya juga sudah tergabung sebagai salah satu anggota Quad, Bersama Amerika Serikat dan Australia yang mempromosikan kebebasan dan keterbukaan di Asia Pasifik, dilaporkan dalam Nikkei Asia.

Di sisi lain, India selama ini sudah mencurigai keamanan perusahaan asal Tiongkok yang diduga terkait dengan mata-mata pemerintah Negeri Tirai Bambu. Bahkan Pemerintah India sudah menyelidiki hubungan natara perusahaan Tiongkok dengan Tentara Pembebasan Rakyat. Serta mendapati Huawei adalah salah satu perusahaan yang berkolaborasi dengan intelijen Tiongkok, dikutip dari Eurasian Times.

Baca Juga: PBB Desak Jepang Bayar Kompensasi Terhadap Bos Nissan, Carlos Ghosn

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya